Fungsi Ekonomi Pertanian

Fungsi ekonomi pertanian tidak kalah pentingnya dari ilmu ekonomi maupun ilmu pertanian itu sendiri. Dia bisa berada di awal atau sebelum ilmu pertanian, bisa seiring dan bisa juga sesudah. Semua fungsinya amat menentukan akan kemajuan pertanian. Ekonomi pertanian bukan sekedar gabungan antara ilmu ekonomi dengan ilmu pertanian, tetapi mempunyai arti yang sangat penting bagi pertanian dan juga bagi ekonomi.
Ilmu ekonomi pertanian mempelajari faktor sumber daya atau faktor produksi dilengkapi dengan permasalahan, potensi dan kebijakan serta kemitraan, kelembagaan dan faktor pendukung lainnya. Sebelum proses produksi atau usaha tani dijalankan (baik dalam subsektor tanaman pangan dan hortikultura, subsektor perkebunan, subsektor peternakan, maupun subsektor perikanan) perlu dilakukan perencanaan yang matang.
Dalam pelaksanaan di lapangan, pertanian juga membutuhkan ilmu ekonomi pertanian. Kalau pupuk diberikan sekian banyak, berapa hasil yang akan diterima, bila pupuk dikurangi atau ditambah berapa keuntungan yang akan diperoleh. Begitu juga dengan pengaturan tenaga kerja dan obat-obatan. Dalam ekonomi pertanian, semua itu akan diperhitungkan dan dipelajari secara mendalam (Daniel, 2002).

loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar