Cara Membuat Alat Peraga

Cara membuat alat peraga berbeda-beda sesuai dengan tujuan alat peraga tersebut. Secara umum langkah-langkah yang dilakukan dalam cara membuat alat peraga adalah sebagai berikut:
  1. Mempelajari tujuan dan kompetensi yang akan dicapai dengan alat peraga tersebut. Tujuan dan kompetensi ini seperti kurikulum yang berkenaan dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan materi pokok pembelajaran. 
  2. Menentukan alat peraga yang akan dibuat atau dikembangkan. 
  3. Membuat desain alat peraga. Alat peraga dibuat sedemikian rupa, sehingga menarik dari segi penampilan, dan praktis dalam penggunaannya. 
  4. Menyiapkan alat, dan bahan yang diperlukan. Alat dan bahan yang diperlukan dapat dilihat dalam modul praktikum. 
  5. Membuat alat sesuai rancangan (desain). Setelah semua alat dan bahan telah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah membuat alat peraga sesuai dengan rancangan. Skema rangkaian alat peraga dapat dilihat dalam modul praktikum. 
  6. Mengujicoba alat yang telah dibuat. Uji coba alat peraga dilakukan untuk mengetahui kinerja dari alat peraga yang dibuat. 
  7. Menyempurnakan alat/bagian komponen alat jika masih ada kekurangan. Pada tahap ini dilakukan penyempurnaan alat jika pada hasil uji coba masih ditemukan kekurangan. 
  8. Mengevaluasi alat peraga yang telah dibuat. Dari hasil uji coba dilakukan evaluasi mengenai kelayakan penggunaannya dalam kegiatan pembelajaran.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar