Tujuan Pembelajaran Matematika

Tujuan pembelajaran matematika pada anak didik sangat penting, baik itu di level Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan (SMP & SMU) maupun di Perguruan Tinggi. Pembelajaran matematika akan melatih anak didik menggunakan simbol-simbol matematika yang bertujuan meningkatkan kreativitas berpikir mereka.
Tujuan pembelajaran matematika adalah untuk melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan.Misalnya melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsistensi, dan inkonsistensi. Mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisidan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen,orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan sertamencoba-coba.Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan lisan,catatan, grafik, peta, diagram dalam menjelaskan gagasan.
Mata pelajaran matematika diajarkan di sekolah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
  1. Memahami konsep metematika, menjelaskan keterkaitan antara konsep dan mengaplikasi konsep atau alogaritma, secara luwes, akurat, efesien dan tepat dalam pemecahan masalah.  
  2. Menggunakan penataran tepat pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membentuk generalisasi, menyusun bukti atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.  
  3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model matematika dan menafsirkan solusi yang diperoleh. 
  4. Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.  
  5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika serta ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar