Kopi dari Kotoran Gajah, Menjadi Kopi Termahal di Dunia

Kopi dari kotoran gajah menjadi kopi termahal di dunia mengalahkan harga kopi luwak, setidaknya hingga saat ini. Produk kopi dari kotoran gajah (dikenal dengan nama kopi gading hitam) di perkenalkan di Anantara Hotels, Thailand, yang memproduksi biji kopi pilihan dari sisa-sisa kotoran gajah yang ada di wilayah Chiang Mai, dekat kawasan segitiga emas, Thailand.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa, saluran pencernaan gajah dan air liurnya (ezim-enzim pencernaan gajah) menghancurkan protein yang menyebabkan rasa pahit pada kopi. Sehingga, kopi hasil kotoran gajah, tidak ada rasa pahit sama sekali.
Harga kopi kotoran gajah 1.100 dolar AS (sekitar sepuluh juta rupiah) per kilogramnya. Sementara secangkir kopi kotoran gajah dihargai 50 dolar AS(sekira Rp 480.250). Bisa dibandingkan dengan harga kopi termahal asal Indonesia, yaitu kopi luwak yang harganya 500-600 dolar AS (sekira Rp 4,8-5,7 juta) per kilogramnya. Sementara secangkir kopi kotoran luwak dihargai 30 dolar AS (sekira Rp 288.150).
Kopi dari kotoran gajah merupakan inovasi dalam teknik pemasaran dan kualitas kopi di Thailand, yang sebelumnya sudah ada di Indonesia, yaitu kopi luwak. Apakah ini penjiplakan atau betul-betul inovasi pasar? Kita tinggal menunggu inovasi-inovasi pasar kopi selanjutnya. Akankah ada jenis kopi lain yang berasal dari kotoran yang akan mengalahkan harga kopi kotoran gajah atau kopi kotoran luwak?
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar