Karakteristik Resiliensi

Karakteristik resiliensi memiliki ciri-ciri khas. Menurut Wolin dan Wolin (1999, dalam Rezki Rahayu, 2008), karakteristik resiliensi adalah sebagai berikut:
Insight
Insight adalah kemampuan mental untuk bertanya pada diri sendiri dan menjawab dengan jujur. Hal ini untuk membantu individu untuk dapat memahami diri sendiri dan orang lain serta dapat menyesuaikan diri dalam berbagai situasi. Insight adalah kemapuan yang paling mempengaruhi resiliensi.
Kemandirian
Kemandirian adalah kemampuan untuk mengambil jarak secara emocional maupun fisik dari sumber masalah dalah hidup seseorang. Kemandiran melibatkan kemampuan untuk menjaga keseimbangan antara jujur pada diri sendiri dengan peduli pada orang lain.
Hubungan 
Seseorang yang resilien dapat mengembangkan hubungan yang jujur, saling mendukung dan berkualitas bagi kehidupan atau memiliki role model yang sehat.
Inisiatif
Inisiatif melibatkan keinginan yang kuat untuk bertanggung jawab atas kehidupan sendiri atau masalah yang sedang dihadapi. Individu yang resilien bersikap proaaktif, bukan kreatif, bertanggung jawab dalam pemecahan masalah, selalu berusaha memperbaiki diri ataupun situasi yang dapat diubah, serta meningkatkan kemampuan untuk menghadapi hal-hal yang tidak dapat diubah.
Kreativitas
Kreativitas melibatkan kemampuan memikirkan berbagai pilihan, konsekuensi, dan alternatif dalam menghadapi tantangan hidup. Individu yang resilien tidak terlibat dalam perilaku negatif, sebab ia mampu mempertimbangkan konsekuensi dari tiap perilakunya dan membuat keputusan yang benar.
Humor
Humor adalah kemampuan untuk melihat sisi terang kehidupan, menertawakan diri sendiri, dan menemukan kebahagiaan dalam situasi apapun. Individu yang resilien menggunakan rasa humornya untuk memandang tantangan hidup dengan cara yang baru dan lebih ringan.
Moralitas
Moralitas atau orientasi pada nilai-nilai dengan keinginan untuk hidup secara baik dan produktif. Individu yang resilien dapat mengevaluasi berbagai hal dan membuat keputusan yang tepat tanpa rasa takut akan pendapat orang lain. Mereka juga dapat mengatasi kepentingan diri sendiri dalam membantu orang yang membutuhkan.
Berdasarkan uraian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa karakteristik resiliensi merupakan kemampuan mental bertanya pada diri sendiri, kemandirian yang dimiliki individu, hubungan yang saling mendukung, inisiatif pada individu, kemampuan kreatif yang dimiliki individu, kemampuan humor yang individu dalam menjalani kehidupan serta orientasi nilai yang dimiliki. 
loading...
Share on :


Related post:


1 komentar:

daftar calon haji mengatakan...

betul banget tuh, saya suka orang yang memiliki kreativitas tinggi

Poskan Komentar