Jenis Lingkungan Kerja

Jenis lingkungan kerja terdiri dari beberapa macam. Menurut A.A Anwar Prabu Mangkunegara (2005), menyatakan bahwa ada beberapa jenis lingkungan kerja, yaitu:
Kondisi lingkungan kerja fisik
Kondisi lingkungan kerja fisik yang meliputi:  
  1. Faktor lingkungan tata ruang kerja --- Tata ruang kerja yang baik akan mendukung terciptanya hubungan kerja  yang baik antara sesama karyawan maupun dengan atasan karena akan mempermudah mobilitas bagi karyawan untuk bertemu. Tata ruang yang tidak baik akan membuat ketidaknyamanan dalam bekerja sehingga menurunkan efektivitas kinerja karyawan. 
  2. Faktor kebersihan dan kerapian ruang kerja --- Ruang kerja yang bersih, rapi, sehat dan aman akan menimbulkan rasa nyaman dalam bekerja. Hal ini akan meningkatkan gairah dan semangat kerja karyawan dan secara tidak langsung akan meningkatkan efektivitas kinerja karyawan.
Kondisi lingkungan kerja non fisik
Kondisi lingkungan kerja non fisik yang meliputi: 
  1. Faktor lingkungan sosial --- Lingkungan sosial yang sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah latar belakang keluarga, yaitu antara lain status keluarga, jumlah keluarga, tingkat kesejahteraan dan lain-lain. 
  2. Faktor status sosial --- Semakin tinggi jabatan seseorang semakin tinggi pula kewenangan dan keleluasaan dalam mengambil keputusan. 
  3. Faktor hubungan kerja dalam perusahaan --- Hubungan kerja yang ada dalam perusahaan adalah hubungan kerja antara karyawan dengan karyawan dan antara karyawan dengan atasan. 
  4. Faktor sistem informasi --- Hubungan kerja akan dapat berjalan dengan baik apabila ada komunikasi yang baik diantara anggota perusahaan. Dengan adanya komunikasi di lingkungan perusahaan maka anggota perusahaan akan berinteraksi, saling memahami, saling mengerti satu sama lain dapat menghilangkan perselisihan salah faham.
Kondisi psikologis dari lingkungan kerja
Kondisi psikologis dari lingkungan kerja yang meliputi: 
  1. Rasa bosan --- Kebosanan kerja dapat disebabkan perasaan yang tidak enak, kurang bahagia, kurang istirahat dan perasaan lelah. 
  2. Keletihan dalam bekerja --- Keletihan kerja terdiri atas dua macam yaitu keletihan kerja psikis dan keletihan psikologis yang dapat menyebabkan meningkatkan absensi, turn over, dan kecelakaan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar