Faktor Penyebab Obesitas

Terdapat beberapa faktor penyebab obesitas. Faktor penyebab obesitas tidak hanya dipengaruhi oleh pola makan, tetapi beberapa faktor pencetus yang ikut mempengaruhi obesitas. Faktor-faktor penyebab obesitas antara lain adalah sebagai berikut:
Faktor Genetik
Sekitar 80% pasien yang gemuk memiliki riwayat keluarga dengan obesitas. Gen yang berpengaruh pada kejadian obesitas adalah hormon leptin. Obesitas cenderung diturunkan, tetapi tidak saja berbagi gen dari anggota keluarga, makanan dan gaya hidup juga bisa mendorong terjadinya obesitas. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata faktor genetik memberikan kontribusi sebesar 33% terhadap  berat badan seseorang.
Dari pengamatan yang sudah lama dilakukan juga terlihat bahwa anak-anak obesitas umumnya berasal dari keluarga dengan orang tua obesitas. Apabila salah satu orang tua obesitas, maka sekitar 40-50% anak-anaknya akan menjadi obesitas. Sedangkan obesitas pada kedua orang tua, maka 80% anak-anaknya resiko menjadi obesitas.
Faktor Aktivitas
Fisik Aktivitas fisik adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan kebutuhan energi (energy expenditure), sehingga apabila aktivitas fisik rendah maka angka kejadian obesitas akan meningkat. Fisik yang tidak aktif akan membatasi pengeluaran energi dan dapat berkontribusi terhadap peningkatan asupan makanan.
Individu dengan aktivitas fisik yang kurang aktif (sedentary life) maupun tidak melakukan aktivitas fisik yang seimbang serta mengkonsumsi makanan tinggi lemak, maka akan cenderung mengalami obesitas. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa lamanya kebiasaan menonton televisi berhubungan dengan peningkatan prevalensi obesitas.
Faktor Lingkungan
Yang dimaksud faktor lingkungan adalah perilaku atau pola gaya hidup, misalnya asupan makan. Faktor-faktor yang berpengaruh dari asupan makanan terhadap terjadinya obesitas adalah; kuantitas, porsi perkali makan, kepadatan energi dari makanan yang dimakan, kebiasaan makan (contohnya kebiasaan makan dimalam hari), frekuensi makan, dan jenis makanan. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 70% faktor lingkungan berperan terhadap obesitas.
Faktor psikologis
Pikiran dapat mempengaruhi kebiasaan makan seseorang. Banyak orang yang memberikan reaksi terhadap emosinya dengan makan dan faktor stabilitas emosi diketahui berhubungan dengan obesitas.
Faktor perkembangan
Penambahan ukuran dan jumlah sel-sel lemak menyebabkan bertambahnya jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh. Pada penderita obesitas yang gemuk pada masa kanak-kanak, dapat memiliki sel lemak sampai lima kali lebih banyak dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal dan dapat berlanjut pada masa remaja.
Faktor kesehatan
Beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan obesitas antara lain:
  1. Hipotiroidisme 
  2. Sindroma Chusing dikaitkan dengan karakteristik dan distribusi lemak seperti moon face. 
  3. Sindroma Prader-Willi
Obat-obatan
Obat-obatan dapat pula mengakibatkan terjadinya obesitas, yaitu obat-obatan tertentu seperti steroid dan beberapa anti depresan yang mengakibatkan penambahan berat badan seseorang.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar