Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada siswa. Secara umum dapat dibagi dua, yaitu faktor Intern dan faktor ekstern.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, secara garis besar dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu:
Faktor intern
Sardiman (2006) menarik kesimpulan sebagai berikut: Kegiatan belajar, motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan. Salah satu faktor dari dalam diri siswa yang menentukan berhasil tidaknya siswa dalam proses belajar mengajar adalah motivasi belajar. Dalam belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar. Motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis yang bersifat non-intelektual. Seorang siswa yang mempunyai intelegensi yang cukup tinggi, bisa gagal karena kurang adanya motivasi dalam belajarnya.
Faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar siswa antara lain:
  1. Kondisi fisik/jasmani siswa saat mengikuti pelajaran. 
  2. Pengalaman belajar matematika dijenjang sebelumnya. 
  3. Minat, bakat, motivasi dan tingkat intelegensi.
Faktor ekstern
Slameto (2003) menarik kesimpulan sebagai berikut: Faktor dari luar diri siswa yang dapat mempengaruhi belajar adalah faktor metode pembelajaran. Selain siswa, unsure terpenting yang ada dalam kegiatan pembelajaran adalah guru. Guru sebagai pengajar yang memberikan ilmu pengetahuan sekaligus pendidik yang mengajarkan nilai-nilai, akhlak, moral maupun sosial dan untuk menjalankan peran tersebut seorang guru dituntut untuk memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas yang nantinya akan diajarkan kepada siswa. Seorang guru dalam menyampaikan materi perlu memilih metode mana yangsesuai dengan keadaan kelas atau siswa sehingga siswa merasa tertarik untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan. Dengan variasi metode dapat meningkatkan kegiatan belajar siswa.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar