Dinamika Perasaan Orang yang Kesepian

Perasaan orang yang kesepian mempunyai dinamika psikologis yang khas. Beck & Young, 1978; Davis & Fanzoi, 1986 (dalam Myers, 1996) mengatakan merasakan kesepian berarti merasa ditiadakan dari kelompok, tidak dicintai oleh orang-orang yang ada disekitarnya, tidak dapat berbagi tentang masalah-masalah pribadi, ataupun berbeda serta terasing dari orang-orang di sekelilingnya. Selain itu, orang yang kesepian sering merasa dirinya tertekan, gelisah, tegang, dan bosan (Saks & Krupat, 1998).
Rubenstein & Shaver (dalam Brehm, 2002) menyatakan bahwa ada 4 bentuk perasaan yang dialami oleh individu yang kesepian, yaitu:
Putus asa
Putus asa merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasakan kepanikan dan ketidakberdayaan dalam dirinya sehingga dapat menimbulkan keinginan untuk melakukan tindakan yang nekat. Adapun putus asa ini ditandai dengan perasaan putus asa, tidak berdaya, takut, tidak adanya harapan, merasa dibuang, dan merasa dikecam.
Depresi
Depresi adalah suatu keadaan dimana individu merasakan kesedihan yang mendalam ataupun sedang dalam keadaan tertekan. Perasaan depresi yang terus menerus dirasakan individu dapat juga menimbulkan keinginan untuk mengakhiri hidupnya dengan melakukan bunuh diri (Phares, 1992). Depresi ini ditandai dengan sedih, tertekan, merasa hampa, terisolasi, menyesali diri, melankolik, terasing, ingin bersama orang yang spesial.
Impatient boredom
Merupakan suatu keadaan dimana individu merasakan kebosanan pada dirinya sendiri sebagai akibat dari ketidaksabarannya ataupun kejenuhan terhadap dirinya sendiri. Impatient boredom ini ditandai dengan perasaan tidak sabar, bosan, ingin berada di tempat lain, gelisah, marah, sulit berkonsentrasi.
Menyalahkan diri
Merupakan suatu keadaan dimana individu menyalahkan dirinya sendiri, mengutuk dan mencela dirinya sendiri atas peristiwa atau kejadian yang dialami karena dia tidak mampu menyelesaikannya). Menyalahkan diri ini ditandai dengan merasa tidak menarik, benci pada dirinya, merasa bodoh, malu, tidak aman.
Dari tabel di bawah ini akan terlihat perasaan-perasaan yang spesifik yang dirasakan ketika seseorang kesepian.
Putus asa
Depresi
Impatient boredom
Menyalahkan diri
Putus asa
Sedih
Tidak sabar
Merasa tidak menarik
Tidak berdaya
Tertekan
Bosan
Benci pada dirinya
Takut
Merasa hampa
Ingin berada di tempat lain
Merasa bodoh
Tanpa pengharapan
Terisolasi
Gelisah
Malu
Terbuang
Menyesali diri
Marah
Tidak aman
Terancam
Melankolik
Sulit berkonsentrasi


Terasing



Ingin bersama orang
yang spesial


Sumber: diadaptasi dari Intimate Relationship (hal. 399) oleh Sharon S. Brehm, New York:McGraw-Hill,Inc.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar