Stress dan Adaptasi

Stres dan adaptasi sangat berkaitan erat. Stres adalah setiap perubahan yang memerlukan penyesuaian (Davis, et al, 1995). Ketika seseorang berada dalam situasi yang mengancam maka akan timbul suatu respon dengan segera, respon ini umumnya tidak disadari dan dinamakan respon koping, yang diperlukan individu untuk beradaptasi.
Adaptasi merupakan perubahan-perubahan yang terjadi sebagai respon terhadap stressor. Adaptasi sendiri juga merupakan proses yang terus menerus dimana individu berusaha untuk mempertahankan keseimbangan dalam lingkungan internal maupun eksternal. Stres dan adaptasi bersifat individual dan menyeluruh. Proses adaptasi terhadap stress bersifat konstan dan dinamis serta berguna bagi seseorang baik fisik, mental dan sosial (Taylor, et al, 1997).
Sementara menurut Potter & Perry (1992) adaptasi merupakan proses dimana terjadi perubahan-perubahan pada dimensi fisik dan psikososial seseorang sebagai respon terhadap stress dan untuk dapat berfungsi secara optimal, seseorang harus dapat beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Kemampuan seseorang beradaptasi terhadap stress tergantung tipe stressor dan pengalaman individu terhadap stress (Taylor, 1995).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar