Pengertian Organisasi

Pengertian organisasi sangat luas, tergantung dari sudut mana kita memberikan definisi. Organisasi merupakan alat atau wadah yang statis. Setiap orang tentunya pernah ataupun sedang berada di dalam sebuah organisasi. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa organisasi yang terkecil adalah sebuah keluarga dan tentunya setiap orang dilahirkan dalam sebuah keluarga. Kemudian yang dikatakan sebagai organisasi yang terbesar adalah sebuah Negara. Oleh karena itu tentunya seseorang secara sadar atau tidak sadar, mau tidak mau, ia telah berada di dalam sebuah organisasi.
Berikut ini ada beberapa pengertian organisasi, oleh beberapa ahli:  
  1. Gaus (Supardi, 2002) memberikan pengertian organisasi sebagai tata hubungan antara orang-orang untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab.
  2. Malinowski (Cahyani, 2003) memberikan pengertian organisasi sebagai suatu kelompok  orang yang bersatu dalam tugas-tugas, terikat pada lingkungan tertentu, menggunakan alat teknologi dan patuh pada peraturan. 
  3. Siagian (Sofyandi, 2007) memberikan pengertian organisasi sebagai bentuk persekutuan anatara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan mana terdapat seorang atau beberapa orang yang disebut atasan dan seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.
  4. Trewatha (Winardi, 2004) memberikan pengertian organisasi bahwa sebuah organisasi dapat dinyatakan sebagai sebuah struktur sosial yang didesain guna mengkoordinasi kegiatan dua orang atau lebih, melalui suatu pembagian kerja dan hirarki otoritas guna melaksanakan pencapaian tujuan umum tertentu.
Berdasarkan pengertian orgniasasi tersebut dapat diketahui beberapa elemen dasar yang menjadi ciri organisasi yaitu:  
  1. Kumpulan orang 
  2. Suatu wadah 
  3. Terstruktur  
  4. Tujuan bersama 
Berdasarkan ciri tersebut dapat dirumuskan pengertian organisasi sebagai suatu wadah yang terdiri dari kumpulan orang yang terikat dengan hubungan-hubungan formal dalam rangkaian terstruktur untuk mencapai tujuan bersama secara efektif.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar