Jenis-Jenis Stres

Jenis-jenis stres terdiri dari beberapa macam. Stres dapat didefenisikan sebagai,“respon adaptif, dipengaruhi oleh karakteristik individual dan proses psikologis, yaitu akibat dari tindakan, situasi, atau kejadian eksternal yang menyebabkan tuntutan fisik dan psikologis terhadap seseorang”(Ivancevich dan Matteson, 1980 dalam kreitner dan kinicki, 2004).
Di tinjau dari penyebabnya, stres dapat di bedakan ke dalam beberapa jenis berikut:
Stres fisik
Stres yang di sebabkan karena keadaan fisik seperti karena temperatur yang tinggi atau yang sangat rendah, suara yang bising sinar matahari atau karena tegangan arus listrik.
Stres kimiawi
Stres disebabkan karena zat kimia seperti adanya obat-obatan, zat beracun asam, basa, faktor hormon atau gas dan prinsipnya karena pengaruh senyawa kimia.
Stres mikrobiologi
Stres disebabkan karena kuman seperti adanya virus, bakteri atau parasit.
Stres fisiologik
Stres disebabkan karena gangguan fungsi organ tubuh diantaranya gangguan dan struktur tubuh, fungsi jaringan, organ dan lain-lain.
Stres proses pertumbuhan dan perkembangan
Stres disebabkan karena proses pertumbuhan dan perkembangan seperti pada pubertas, perkawinan dan proses lanjut usia.
Stres psikis dan emosional
Stres disebabkan karena gangguan situasi psikologis atau ketidak mampuan kondisi psikologis untuk menyesuaikan diri seperti hubungan interpersonal, sosial budaya atau faktor keagamaan (Hidayat, 2008).
Kondisi stres psikologis yang terjadi pada seorang lansia dan berkelanjutan akan mengakibatkan depresi jika pertahanan koping seseorang tidak kuat. Menurut penelitian di Amerika, 1 dari 20 orang di Amerika setiap tahun mengalami depresi dan paling tidak 1 dari 5 orang pernah mengalami depresi sepanjang kehidupan mereka. Di Indonesia kasus depresi terjadi akibat adanya krisis ekonomi atau keuangan dan masalah pekerjaan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar