Sumber Serat

Sumber serat makanan bagi tubuh di dapatkan pada menu makanan sehari-hari. Makanan sumber serat sangat penting artinya bagi kesehatan tubuh terutama pada pencernaan. Sumber serat seperti sayuran, buah-buahan dan lain-lain.
Sayuran
Sayuran sangat dibutuhkan dan harus dikonsumsi setiaphari sesuai dengan jumlah dan komposisi yang seimbang. Selain hal tersebut diatas, sayuran juga berguna bagi kesehatan tubuh sesuai dengan zat-zat yang dikandungnya. Selain kaya kandungan vitamin dan mineral, sayuranpun kaya serat. Sayuran dapat dibedakan menjadi beberapa menjadi beberapa jenis, yaitu sayuran daun, sayuran bunga, sayuran buah, sayuran umbi dan sayuran batang muda. Agar didapat serat yang optimal  pada sayur- sayuran, tentnya harus dipilih sayuran yang bagus.
Contoh sayuran yang mengandung serat antara lain Wortel, Taoge, Daun Kangkung, Tomat (Dg biji), Daun singkong, Kacang panjang, Bayam (daun), Buncis, Brokoli, Jamur dan lain-lain.
Buah-buahan
Buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, selain  dikonsumsi  dalam  bentuk  segar,  buah-buahan  juga  dapat dikonsumsi dalam bentuk jus melalui suatu proses atau dihidangkan bersama sayur-sayuran.
Contoh buah-buahan yang mengandung serat antara lain Nanas Besar, Pepaya, Pisang Raja, Balu, Pisang Ambon, Jambu Biji, Belimbing, Apel, Manalagi, Jeruk, Srikaya dan lain-lain.
Golongan serealia
Golongan serealia yang merupakan bahan pangan dari tanaman famili rumput-rumputan, diantaranya padi, gandum, jagung dan sorgum. Kulit luar biji serealia banyak mengandung serat tak larut air yaitu selulosa dan  hemi  selulosa.  Di  bagian  dalam  terdapat  endosperma  yang mengandung serat larut air dan tak larut air.
Contoh golongan serealia yang mengandung serat antara lain Beras tumbuk, Beras Giling, Roti Putih, Roti Kasar, Kacang Kedelai, Kacang Tanah, Kacang Hijau dan lain-lain.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar