Pengertian Hiperurisemia

Pengertian hiperurisemia adalah suatu keadaan dimana konstentrasi monosodium berlebih dalam kelarutannya. Hiperurisemia telah dikenal sejak abad ke-5 SM. Penyakit ini lebih banyak menyerang pria daripada perempuan, karena pria memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi daripada perempuan selain itu karena perempuan mempunyai hormon esterogen yang ikut membuang asam urat melalui urin. Faktor tersebut semakin menambah kekhawatiran masyarakat terutama yang tinggal di daerah perkotaan karena pola makan mereka yang serba mewah tetapi salah (Utami,2004)
Hiperurisemia adalah konsentrasi monosodium urat dalam plasma yang melebihi batas kelarutan yaitu lebih dari 7 mg/dl (Asdie, 2000). Hiperurisemia berkaitan dengan resiko mengalami penyakit gout (Asdie,2000)
Penyebab Hiperurisemia
Berdasarkan penyebabnya hiperurisemia dibagi menjadi 2 yaitu: Hiperurisemia primer, yang penyebabnya belum diketahui dan hiperurisemia sekunder, yang diketahui penyebabnya seperti kelainan glikogen dan ginjal (Utami, 2004). Sedang menurut buku lain karangan Krisnatuti, penyebab hiperurisemia adalah gangguan metabolisme sejak lahir. Gangguan ini menyebabkan kadar asam urat dalam serum tinggi. Selain itu, kadar asam urat juga tegantung pada beberapa faktor antara lain konsumsi makanan yang tinggi purin, berat badan, jumlah alkohol yang diminum,obat diuretik atau analgetik, faal ginjal dan volume urin perhari (Krisnatuti, 2008). Sedangkan menurut Junaidi, hiperurisemia terjadi karena pembentukan asam urat berlebihan, pengeluaran asam urat melalui ginjal kurang dan perombakan dalam usus yang berkurang (Junaidi, 2006).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال