Gangguan Akibat Kekurangan Iodium

Gangguan akibat kekurangan iodium (GAKI) sangat besar dampaknya bagi tubuh. Defisiensi iodium dapat menyebabkan terjadinya penyakit gondok. Gondok adalah cara adaptasi manusia terhadap kekurangan unsur iodium dalam makanan dan minumannya (Zulkarnaen, 2003).
Untuk menentukan apakah seseorang menderita gondok (mengalami pembesaran kelenjar gondok) dapat dilakukan dengan palpasi (meraba dengan jari-jari tangan).
Kriteria tingkat pembesaran kelenjar gondok, dapat dilihat pada table di bawah ini:
Grade (Tingkat)
Hasil Palpasi
Normal (0)
Tidak ada pembesaran kelenjar
IA

Pembesaran kelenjar tidak nampak walaupun leher pada posisi tengadah maksimum Pembesaran kelenjar teraba ketika palpasi
IB
Pembesaran kelenjar gondok terlihat jika leher pada posisi tengadah maksimum Pembesaran kelenjar teraba ketika palpasi
II
Pembesaran kelenjar gondok terlihat pada posisi kepala normal dan terlihat dari jarak 1 meter
III

Pembesaran kelenjar gondok tampak nyata dari jarak 5-6 meter


Sumber: Proyek Intensifikasi Penanggulangan GAKI IBRD-LOAN,1998.
Gangguan akibat kekurangan iodium (GAKI) dapat terjadi pada manusia baik pria maupun wanita. Kelompok pria yang tergolong rentan Gangguan akibat kekurangan iodium (GAKI) adalah sampai dengan usia 20 tahun, sedangkan kelompok wanita sampai dengan usia 49 tahun. Timbulnya gangguan dapat terjadi pada manusia sejak masih janin dalam kandungan.
Pada janin, kekurangan iodium dapat mengakibatkan abortus spontan (keguguran), lahir mati, kelainan/kematian perinatal, kematian bayi meningkat, bayi lahir kretin dan kelambatan perkembangan gerak.
Pada anak remaja dapat mengakibatkan gondok, hipotiroid, gangguan fungsi mental dan intelejensi, gangguan perkembangan fisik dan kretin. Pada dewasa dapat mengakibatkan gondok dengan segala komplikasinya, hipotiroid dan gangguan fungsi mental dan intelejensi.
Dampak yang ditimbulkan sudah tentu sangat besar dan luas. Apalagi kelompok yang beresiko paling tinggi adalah wanita. Ibu hamil yang ada di daerah endemik Gangguan akibat kekurangan iodium (GAKI) beresiko melahirkan bayi kretin, dan melahirkan generasi penerus dengan tingkat intelejensi rendah. Dampak selanjutnya adalah kualitas sumber daya manusia yang juga rendah.
Pengurangan tingkat kecerdasan yang diakibatkan oleh Gangguan akibat kekurangan iodium (GAKI) dapat diperinci sebagai berikut:
  1. Setiap penderita gondok akan mengalami pengurangan IQ poin sebesar 5 poin dibawah normal.
  2. Setiap penderita kretin akan mengalami pengurangan IQ poin sebesar 5 poin dibawah normal.
  3. Setiap penderita Gangguan akibat kekurangan iodium (GAKI) lain yang bukan gondok maupun kretin akan mengalami pengurangan IQ poin sebesar 5 poin dibawah normal.
  4. Setiap kelahiran bayi yang terdapat di daerah yang kurang yodium akan mengalami pengurangan IQ poin sebesar 5 poin dibawah normal (Dirjen Pemda RI, 1999).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال