Penempatan Karyawan Sesuai dengan Kompetensi

Dalam manajemen sumber daya manusia, penempatan karyawan merupakan salah satu agenda yang sangat penting. Penempatan karyawan merupakan bagian dari perencanaan manajemen yang bersifat matang. Karyawan yang dinyatakan lulus dalam proses seleksi adalah mereka yang telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan perusahaan, kemudian, mereka akan ditempatkan pada posisi yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Setelah proses pengadaan karyawaan, maka proses selanjutnya adalah penempatan karyawan atau penggunaan serta penunjukan karyawan yang sudah diterima didalam suatu pekerjaan yang telah ditetapkan sesuai dengan rencana sebelumnya. Penempatan karyawan didalam setiap perusahaan sangat menentukan keberhasilan perusahaan dimasa yang akan datang. Penempatan karyawan merupakan langkah pertama bagi pegawai untuk menghadapi tugas dan pekerjaan dalam perusahaan. Apabila penempatan karyawan tidak sesuai, maka akan menghambat kelancaran kegiatan perusahaan dan juga akan menyebabkan terjadinya kebosanan.
Penempatan karyawan yang tepat pada posisi yang tepat harus diartikan secara dinamis. Misalnya, suatu perusahaan berkualitas menengah, membutuhkan beberapa ahli untuk meningkatkan usahanya untuk tahun-tahun mendatang dan mempunyai rencana akan menghasilkan produk tingkat atas bagi konsumen yang berselera tinggi. Ada 2 kemungkinan diadakannya seleksi terhadap penerimaan karyawan yaitu jika pada waktu akan mengisi lowongan tersedia jumlah orang yang bersedia ditetapkan untuk mengemban tugas-tugas yang lowong. Atau untuk mengisi lowongan tersebut ditetapkan syarat-syarat tertentu seperti tingkat pendidikan, keahlian, kemahiran, bakat dan sebagainya.
Perusahaan harus bijaksana dan arif dalam menempatkan orang-orang yang akan melaksanakan tugas-tugasnya. Apabila perusahaan tidak dapat menampilkan kerja secara baik, maka hal ini akan menimbulkan beberapa akibat, seperti semangat dan gairah kerja karyawan akan semakin menurun, tanggung jawab yang kurang, terjadinya kekeliruan dalam pelaksanaan kerja dan lain sebagainya. Keadaan ini bukan saja mempengaruhi bidang sumber daya manusia, tetapi juga berpengaruh kepada bidang-bidang lainnya dengans egala akibatnya. Seperti terhadap pekerjaan yang salah, kualitas barang yang tidak sesuai dengan standar, dan penyebab lainnya.
Perusahaan terkadang sulit untuk menempatkan karyawan pada tempat yang tepat, meskipun seleksi telah diadakan secara matang. Oleh sebab itu, setiap perusahaan harus mengawasi karyawannya sehingga dapat diketahui dengan cepat dan tepat, posisi mana yang paling tepat untuk mereka. Oleh sebab itu, masalah ketentuan dalam menempatkan karyawan pada tempat yang tepat adalah merupakan salah satu faktor yang penting dalam usaha dalam meningkatkan semangat kerja yang pada hakekatnya adalah merupakan perwujudan dari moral kerja yang tinggi. Maka, perusahaan harus mampu meningkatkan kemampuan para karyawannya hingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, kerusakan-kerusakan dapat dikurangi dan tingkat absensi dapat diperkecil, dan sebaliknya, jika semangat kerja menurun maka perusahaan akan mengalami kerugian, indikasi penurunan semangat kerja ini sering diketahui perusahaan, dengan demikian perusahaan akan dapat mengambil tindakan pencegahan sedini mungkin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال