Tes Kemampuan Verbal (Verbal Ability Test)

Tes kemampuan verbal merupakan salah satu jenis tes kemampuan (ability test). Tes kemampuan verbal mengukur kemampuan seseorang akan penguasaan bahasa verbal. Penguasaan bahasa verbal itu antara lain tes padanan kata (sinonim), lawan kata (antonim), tes padanan hubungan kata (tes analogi verbal), tes melengkapi kalimat (missing words test) dan lain-lain
Tes kemampuan verbal biasanya diberikan sebuah informasi dan peserta tes diminta untuk melihat keserasian hubungan antara informasi dan jawaban yang akan diberikan. Tes kemampuan verbal ini digunakan untuk mengukur sampai dimana kemampuan peserta tes menggunakan bahasa verbal, yang biasanya untuk memprediksi keberhasilannya dimasa yang akan datang.
Tes kemampuan verbal juga mengandung arti suatu penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menfungsikan bahasa efektif apa yang dikenal sebagai bahasa baku. Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang untuk memahami konsep-konsep dibingkai dalam kata-kata, kemampuan seseorang untuk menemukan kesamaan di antara konsep-konsep yang berbeda dan untuk memanipulasi ide-ide pada tingkat abstrak. Sebagian besar employer yang menggunakan tes bakat dalam proses seleksi akan mencakup tes penalaran verbal karena ada beberapa pekerjaan yang sangat tidak memerlukan kemampuan untuk memahami, menganalisis dan menginterpretasikan informasi tertulis.
Saat ini, sebagian besar perusahaan menggunakan tes kemampuan verbal, apalagi untuk posisi-posisi yang diharapkan menguasai konsep berbahasa. Tetapi tidak sampai disitu saja, jabatan-jabatan yang membutuhkan logika, juga biasa menggunakan tes kemampuan berbahasa (logika bahasa). Jadi penggunaan tes kemampuan verbal ini sangat luas dalam lingkungan perusahaan. Hal ini perlu di antisipasi dan dipersiapkan sebelumnya bagi calon-calon pelamar yang akan mengikuti psikotes.
Untuk melihat contoh tes kemampuan verbal, bisa download disini…!!!

1 Komentar

  1. Korupsi : koruptor
    mana yg benar y?
    a. Konsepsi : konseptor
    b. nominasi : nominator
    c. agresi : agresor
    d. inkubasi : inkubator
    e. transportasi : transpor

    tolong balas ke email
    samsulacehtamiang@gmail.com
    saya tunggu.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال