Konsep Prestasi Belajar

Konsep prestasi belajar sangat beragam, bahkan konsep prestasi belajar selalu diartikan secara berbeda-beda oleh setiap orang. Prestasi belajar dapat diartikan sebagai gambaran keberhasilan seseorang dalam upaya mengoptimalkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki, melalui kegiatan yang diikuti.
Pengertian umum mengenai konsep prestasi belajar ini dikemukakan oleh Muhibbin Syah (2010) “prestasi adalah tingkat keberhasi lan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program”. Prestasi merupakan kemampuan nyata seseorang sebagai hasil dari melakukan atau usaha kegiatan tertentu dan dapat diukur hasilnya.
Selain itu, Sumaday Suryabrata mengemukakan konsep belajar yang berbeda (2002). Menurut Sumadi, prestasi belajar sebagai “nilai yang merupakan bentuk perumusan akhir yang d iberikan oleh guru terkait dengan kemajuan atau prestasi belajar siswa selama waktu tertentu”. Dari pengertian tersebut bahwa hasil belajar siswa di sekolah bisa dinyatakan dalam bentuk angka atau nilai.
Tinggi rendahnya hasil belajar tersebut sering dikatakan dengan istilah prestasi belajar. Hal ini sesuai yang diungkapkan (Muhibbin Syah, 2010) bahwa ”Prestasi belajar digunakan untuk menentukan taraf keberhasilan sebuah proses belajar mengajar atau untuk menentukan taraf keberhasilan sebuah program pengajaran.”
Berdasarkan beberapa pendapat di atas mengenai konsep prestasi belajar, maka dapat dirumuskan bahwa konsep prestasi belajar adalah suatu proses perubahan siswa didalam mempelajari materi yang diberikan oleh guru sehingga akan menghasilkan perilaku siswa dengan tingkah laku yang asalnya tidak bisa menjadi bisa, tidak mampu menjadi mampu, khususnya didalam mempelajari ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال