Metode Pengajaran Guru yang Efektif


Metode mengajar sangat penting, bahkan lebih penting bagi pelajaran itu sendiri. Bagaimana tidak, metode mengajar menentukan sampai dimana siswa memahami dan mengerti pelajaran yang diberikan oleh guru. Bagaimanapun hebatnya seorang guru, dan bagaimanapun pentingnya pelajaran yang akan diberikan kepada siswa, akan sia-sia jika siswa tidak mampu memahami pelajaran yang diberikan.

Guru yang efektif adalah mereka yang selalu memperdalam keahliannya dalam bidang pengajaran agar pengajaran yang dilakukannya bermamfaat untuk anak didiknya. Keefektifan mengajar seorang guru dapat dilihat dari dua aspek, yaitu banyaknya tujuan pembelajaran yang berhasil dicapai oleh siswa dan pola pembelajaran yang berhubungan dengan dengannya seperti efektivitas waktu, tenaga dan usaha yang dicurahkan oleh guru. Keefektifan pengajaran juga dapat dilihat dari perkembangan sosialisasi dan kemandirian siswa.

Semakin banyak yang dicapai oleh siswa, semakin efektif metode pengajaran yang diberikan oleh guru yang bersangkutan. Jadi keberhasilan sebuah metode yang diterapkan oleh guru, diukur dari pencapaian siswa yang dihadapinya.

Menurut Oliva dkk (1980) keefektifan pengajaran guru dalam mengajar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Guru mempunyai konsep konsep kemandirian yang tinggi dalam mengajar
  2. Mempunyai pendidikan yang baik
  3. Mempunyai pengetahuan dan minat dalam bidang yang diajar
  4. Memiliki prinsip dasar dalam proses pembelajaran
  5. Mementingkan keberhasilan siswa
  6. Bersikap adil pada semua siswa
  7. Menjelaskan suatu hal dengan terperinci dengan jelas
  8. Berpikiran terbuka
  9. Mampu membuat siswa senang dalam mengikuti sesi pembelajaran
  10. Menggunakan teknik dan metode pembelajaran yang efektif
  11. Dapat menjaga jalannya proses pembelajaran dalam kelas.

Berdasarkan ciri-ciri ini, jelaslah bahwa metode pengajaran yang efektif adalah hal yang penting dalam menjadikan guru seorang yang efisien dan efektif. Walaupun begitu, keefektifan pengajaran juga bergantung pada respons siswa terhadap arahan guru, juga kondisi lingkungan pembelajaran, sarana dan prasarana belajar dan hal yang menunjang pembelajaran lainnya, sangat menentukan efektivitas pengajaran.

Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar