Perhatian (Attention) dan Tipe-tipe Perhatian

Perhatian merupakan salah satu subjek kajian dalam psikologi. Karena sebuah informasi akan diolah terlebih dahulu harus melalui perhatian.  Perhatian adalah pemusatan sumber-sumber mental. Perhatian (Attention) adalah proses konsentrasi pemikiran atau pemusatan aktivitas mental (attention is a concentration of mental activity).
Proses perhatian melibatkan pemusatan pikiran dan tugas tertentu sambil berusaha mengabaikan stimulus lain yang mengganggu/tidak relevan. Para ahli psikologi membagi perhatian ini kedalam tipe-tipe, yaitu perhatian bekelanjutan, perhatian selektif dan perhatian terbagi.
Perhatian Berkelanjutan
Perhatian terbagi adalah kesiapan mendeteksi dan merespons perubahan-perubahan kecil yang terjadi secara acak dilingkungan. Perhatian berkelanjutan juga disebut vigilance (kewaspadaan)
Perhatian Selektif
Perhatian selektif adalah berkonsentrasi pada aspek spesifik dari pengalaman yang relevan dan mengabaikan pengalaman yang tidak relevan. Berkonsentrasi pada satu suara diantara suara-suara lain dalam suatu ruangan yang bising, atau restoran yang ramai, merupakan contoh perhatian selektif. Ketika anda berkonsentrasi pada jari-jari kaki anda, anda sedang melakukan perhatian selektif.
Perhatian Terbagi
Perhatian terbagi meliputi konsentrasi pada beberapa aktivitas secara bersamaan. Jika anda mendengarkan music atau televisi, sembari membaca artikel ini, anda melakukan perhatian terbagi.

Referensi
Santrock, John. 2007. Perkembangan Anak Jakarta: Erlangga
Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar