Inteligensi (Psikodiagnostik IV)

Untuk masyarakat awam, istilah IQ seringkali disamakan sebagai singkatan dari inteligensi. Hal ini merupakan miskonsepsi yang terlanjur populer, sehingga perlu ditinjau kembali konotasi umum dari konstruk ”inteligensi”.
 
IQ tidaklah sama dengan inteligensi. Arnorld Buss menyebutkan bahwa inteligensi dapat dipandang sebagai temperamen. Suatu kecenderungan tingkah laku ”quasi-biologis” (seolah-olah tingkah laku biologis), pada hakekatnya bersifat konstitusional, yang merupakan tanda untuk membedakan individu satu dengan individu lainnya. Namun beberapa ahli psikologi menyatakan bahwa temperamen hanyalah merupakan tingkah laku emosional; hal inilah yang membatasi inteligensi sebagai temperamen. Buss memberikan pendekatan yang lebih luas yaitu bahwa inteligensi dipandang merupakan sebagian dari kepribadian, sedangkan temperamen dipandang sebagai penentu perbedaan individu.
 

Ardi al-Maqassary

"Aku melihat, diujung sana, ada setitik cahaya yang terang benderang. Akan kuraih cahaya itu, dan membagikannya kepada seluruh manusia!!!"

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال