Syarat dan Ketentuan Membeli Mobil Baru Secara Kredit

Beli mobil baru secara cash atau tunai memang dirasa cukup berat oleh sebagian besar orang. Karena pastinya akan membutuhkan waktu cukup lama untuk menabung. Sebagai alternatif solusi, kredit mobil menjadi pilihan banyak orang, terutama kaum muda yang membutuhkan kendaraan.

Hanya saja, untuk membeli mobil secara kredit memang tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan oleh calon pembeli. Supaya pengajuan kredit di accept atau diterima, maka harus mengikuti semua aturan yang ditentukan.

Tips Mengajukan Kredit Mobil Agar Cepat Disetujui

Syarat kredit mobil saat ini memang semakin ketat meskipun berbagai lembaga pembiayaan menawarkan kemudahan kepada calon pembeli. Namun, dengan beberapa tips di bawah ini, siapa saja tidak perlu merasa khawatir kalau pengajuan kredit mobilnya akan ditolak.

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan kredit mobil supaya cepat disetujui lembaga pembiayaan:

1.     Memahami Jumlah Uang Muka / DP (Down Payment)

Sebelum mengajukan kredit, pahami terlebih dahulu nominal uang muka, angsuran, serta biaya lain seperti, administrasi dan biaya balas jasa pinjaman (provisi). Hal tersebut dikarenakan semua faktor tersebut memiliki dampak besar terhadap nilai cicilan serta tenor (jangka waktu kredit).

2.     Ketahui Kemampuan Kredit

Kenali kondisi keuangan dan hindari membeli mobil yang tidak dapat dijangkau pendapatan bulanan. Pasalnya, jika calon klien mengajukan kredit dalam nominal mencapai 60% dari jumlah penghasilan bulanan, maka bisa membuat lembaga pembiayaan berpikir jika klien berpotensi nunggak.

3.     Membuat Skema Keuangan Baru

Saat memutuskan untuk kredit mobil, otomatis akan mempengaruhi keadaan finansial. Supaya keuangan tetap stabil, disarankan untuk membuat sebuah skema keuangan baru sesuai anggaran keluar baru. Dengan begitu, proses angsuran kredit mobil tidak macet.

4.     Melengkapi Persyaratan Administrasi

Ketika mengajukan kredit mobil, klien juga wajib melengkapi persyaratan administrasi meliputi, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), surat keterangan bekerja, NPWP, dan dokumen lain. Pastikan jika semua data tertera sinkron dengan satu sama lain serta sesuai domisili.

5.     Mengenal Prinsip 5C

Saat memproses pengajuan kredit mobil klien, pihak lembaga pembiayaan umumnya menerapkan analisa 5C, diantaranya adalah sebagai berikut:

·         Capital              : Nilai aset calon debitur.

·         Character          : Memiliki itikad baik dalam membayar cicilan.

·         Condition          : Faktor eksternal yang bisa mempengaruhi kredit seperti, usia peminjam.

·         Collateral          : Nilai agunan yang akan dijadikan tolak ukur apakah kredit diterima.

·         Capacity           : Kemampuan calon debitur dalam mengelola keuangan pribadi.

6.     Pilih Lembaga Pembiayaan Terbaik

Pastikan hanya memilih lembaga pembiayaan yang kredibel dan terpercaya demi keamanan serta kenyaman kredit. Jika belum memiliki referensi, maka Anda dapat bergabung dengan SEVA.

Aplikasi dengan fitur Instant Approval ini akan menghubungkan calon pembeli dengan layanan finansial terbaik Astra. Jadi, besar kemungkinan pengajuan kredit Anda akan diterima.

Rasakan kemudahan dalam mengajukan kredit mobil menggunakan lembaga pembiayaan terbaik. Selain prosesnya gampang, bunganya juga sangat ringan. Jadi, tidak akan membebani Anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال