Penggunaan Tes Binet

Tes Binet dengan skala Stanford–Binet berisi materi berupa sebuah kotak yang berisi berbagai macam mainan yang akan diperlihatkan pada anak-anak, dua buah buku kecil yang berisi cetakan kartu-kartu, sebuah buku catatan yang berfungsi untuk mencatat jawaban beserta skornya, dan sebuah petunjuk pelaksanaan dalam pemberian tes.

Skala Stanford-Binet dikenakan secara individual dan soal-soalnya diberikan secara lisan oleh pemberi tes. Oleh karena itu pemberi tes haruslah orang yang mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup di bidang psikologi, sangat terlatih dalam penyajian tesnya, dan mengenal betul isi berbagai tes dalam skala tersebut. Skala ini tidak cocok untuk dikenakan pada orang dewasa, karena level tersebut merupakan level intelektual dan dimaksudkan hanya sebagai batas-batas usia mental yang mungkin dicapai oleh anak-anak.

Skala Stanford–Binet dikenakan secara individual dan pemberi tes memberikan soal-soalnya secara lisan. Meski begitu. Skala StanfordBinet versi terbaru diterbitkan pada tahun 1986. Konsep inteligensi dikelompokkan menjadi empat tipe penalaran dalam revisi terakhir ini dan masing-masing diwakili oleh beberapa tes.

Setelah melalui beberapa revisi tes binet menjadi lebih sesuai dan mudah untuk dilakukan. Subtes yang diajukan dan norma penilaian juga sudah disesuaikan untuk anak – anak. Tes ini sudah sangat baik dan tidak heran jika tes ini banyak dijadikan dasar untuk mengukur kecerdasan anak.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال