Keunggulan tes PAPI Kostick

Tes PAPI Kostick merupakan salah satu alat tes yang paling sering dipakai, terutama penggunaannya dibidang industri di Indonesia. Tes PAPI Kostick diperusahaan secara luas dipakai untuk mengungkap kepribadian karyawan ataupun calon karyawan (bidang rekrutmen). Penggunaannya yang sangat simple membuatnya sebagai salah satu alat tes yang membumi.

Berikut keunggulan tes PAPI Kostick, dibandingkan dengan alat tes psikologi lainnya:

  1. PAPI-I menggunakan forced choice format pada pasangan-pasangan pernyataan yang setara. Sangat sulit untuk melakukan faking/ manipulasi.
  2. Karakter bebas dan membentuk komponen dasar kepribadian.
  3. Item-item pendek, ringkas
  4. Administrasi, skoring, dan analisis konfigurasinya mudah
  5. Interpretasi logik dan spesifik sehingga dapat difahami dengan jelas oleh tester maupun testee.
  6. Dapat dimanfaatkan oleh konselor, manajer HRD, interviewer, dll. Termasuk yang bukan psikolog
  7. Sangat berguna untuk evaluasi karyawan karena menggambarkan administration styles dan dapat digunakan 2 orang/ lebih untuk mengetahui hubungan atasan bawahan dan mengembangkan solusi interpersonal
  8. Memberikan umpan balik pada yang bersangkutan dan mendiskusikannya. Hasil tes menyediakan banyak informasi bagi tester/ pemberi kerja untuk berdiskusi dengan responden secara terbuka, jujur dan pemberian umpan balik. Diskusi untuk feedback ini adalah elemen kunci dalam proses PAPI.
  9. Pemikiran yang mendasarinya adalah tidak mungkin untuk mengurangi penilaian terhadap seorang berdasarkan skor testnya saja dan mengasumsikan bahwa seseorang dapat membuat judgment dan interpretasi hanya berdasar informasi yang terbatas tersebut.
  10. Bagi peserta tes, diskusi umpan balik dapat memberi kesempatan untuk menjelaskan dan menelaah profil mereka; memverifikasi atau menyangkal hipotesis yang dihasilkan oleh profil.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال