Administrasi Tes TIKI-T

Tes TIKI-T adalah alat tes untuk mengukur inteligensi. Keistimewaan dari alat tes ini, karena dikembangkan di Indonesia dengan skala Indonesia juga, sehingga lebih menggambarkan ppopulasi orang Indonesia dibandingkan dengan alat tes inteligensi lainnya.

Selain dari keandalan alat tes, hal yang perlu diperhatikan, agar hasil tes terpercaya adalah administrasi alat Tes. Administrasi Tes TIKI-T (Tes Inteligensi Kolektif Indonesia Tingkat Tinggi / Penggunaan untuk orang dewasa) yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

TIKI-T terdiri dari sebelas subtes antara lain

  1. Berhitung angka
  2. Gabungan bagian
  3. Hubungan kata
  4. Abstraksi non verbal
  5. Deret angka
  6. Meneliti
  7. Membentuk benda
  8. Bayangan cermin
  9. Analogi kata
  10. Bentuk sembunyi
  11. Pembentukan kata

Petunjuk Umum Pelaksanaan TIKI-T

Dalam Tes Inteligensi Kolektip Indonesia tingkat Tinggi (TIKI-T) ini terdapat satu tester untuk mengarahkan responden mengisi soal yang telah ditentukan dalam memilih jawaban yang dianggap benar oleh responden.

Terdiri dari sebelas subtes antara lain, berhitung angka (7 menit), gabungan bagian (7 menit), hubungan kata (5 menit), abstraksi non verbal (12 menit), deret angka (10menit),meneliti (4 menit), membentuk benda (5menit), bayangan cermin (10 menit), analogi kata (4 menit), bentuk sembunyi (6 menit) dan pembentukan kata (4 menit). Jumlah keseluruhan soal pada alat tes ini adalah 424 item

Penyekoran dari jawaban responden dapat dilakukan dengan menjumlahkan terlebih dahulu jawaban yang benar dari setiap subtes, lalu dijumlahkan secara keseluruhan.

Untuk melihat skor IQ dapat melihat norma dari alat tes Tes Inteligensi Kolektip Indonesia tingkat Tinggi (TIKI-T).

Demikianlah administras tes TIKI-T yang perlu diperhatikan sebelum, selama dan setelah proses pengerjaan tes.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال