TES PSIKOLOGI ONLINE – Akurasi Hasil Tes dan Kelebihannya

Apa itu tes psikotes online?

Tes psikologi online adalah proses pelaksanaan tes yang dilakukan secara daring (online) dengan tetap memperhatikan unsur-unsur yang dapat mempengaruhi hasil tes. Yang membedakan tes psikologi online dengan tes psikologi paper base adalah dari segi media yang digunakan. Jika tes psikologi paper base, menggunakan alat tulis, maka tes psikologi online dengan menggunakan jaringan internet untuk mengakses tes psikologi.

Akurasi tes psikologi online

Akurasi hasil tes menjadi perhatian utama dalam proses pelaksanaan tes. Banyak faktor yang menjadi variable moderator akurasi hasil tes psikologi.

Berikut perbandingan faktor-faktor yang mempengaruhi akurasi tes paper base dan online base:

 

Tes paper base

Online base

Tempat Pelaksanaan

Tersedia rungan khusus untuk pelaksanaan tes. Hal ini dapat membuat peserta tes fokus mengerjakan tes

Dapat dikerjakan dimana saja. Hal ini membuat fokus peserta tes "kurang terkendali"

Suasana Pelaksanaan Tes

Tes dilaksanakan dengan bertatap muka langsung, sehingga ada interaksi. Jika dilaksanakan klasikal, akan menambah daya kompetitif

Tidak ada interaksi secara langsung. Hasil tes murni kemampuan peserta tes (minus kompetitif). Suasana tergantung tempat yang dipilih oleh peserta tes

Pengolahan Hasil Tes

Kemungkinan terjadi human error saat interpretasi ataupun pengaruh subjetivitas

Human Error dipastikan nihil.


Dari hal tersebut diatas, bisa menjadi pertimbangan seorang psikolog (tester) memilih tes paper base ataupun online base (online test). Kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing. Ada plus minum dari kedua bentuk pelaksanaan tes tersebut.

Aplikasi Tes Psikologi Online

Pelaksanaan paper base sudah familiar bagi kita semuanya, sehingga tidak perlu dijelaskan khusus disini. Kami fokus menjelaskan Aplikasi tes psikologi online.

Saat ini tersedia beberapa provider tes psikologi online. Mereka menawarkan berbagai fitur yang sangat menarik. Dirangkum dari beberapa provider tes psikologi online, berikut fitur-fitur yang disediakan:

Proctoring Camera

Dengan adanya fitur camera, seorang tester dapat mengamati aktivitas peserta tes. Hal ini sebagai pengganti observasi dalam proses pelaksanaan tes.

Record Pelaksanaan Tes

Dengan aplikasi online, proses pelaksanaan tes akan tersimpan didalam sistem, seperti waktu pelaksanaan (mulai tes dan akhir tes), aplikasi yang digunakan, tes yang telah diselesaikan (yang telah lalu atau saat ini). Hal ini dapat menjadi masukan interpretasi validitas pelaksanaan tes.

Psikogram

Salah satu kelebihan tes psikologi online adalah dapat menyediakan psikogram secara langsung. Baik psikogram peralat tes, ataupun psikogram custom (adaptasi sesuai format membernya). Hal ini akan membuat hasil tes dapat langsung dikeluarkan setelah peserta menyelesaikan tes.

Tes Klasikal

Sama dengan tes paper base, yang dapat dilaksanakan secara massal dalam satu ruangan dalam waktu bersamaan, tes psikologi online juga dapat dilakukan secara massal. Perbedaannya hanya dari segi tempat saja. Peserta tes psikologi online dapat mengerjakan tes ditempat masing-masing diwaktu bersamaan. Tentunya harus memperhatikan perbedaan waktu (untuk di Indonesia, ada 3 zona waktu).

Tentunya masih banyak fitur-fitur lainnya yang berbeda-beda untuk setiap provider tes psikologi online. Seperti tes psikologi online yang terintegrasi dengan Portal Lowongan Kerja.

Salah satu rekomendasi aplikasi tes psikologi online yang terpercaya dan memiliki fitur lengkap dan terintegrasi dalam satu sistem Aplikasi Recruitment (Portal Lowongan Kerja) seperti yang disediakan oleh NS. Development (PT. Nirmala SatyaDevelopment). Aplikas tes psikologi online NS. Development telah dikembangkan sejak tahun 2019, dan saat ini telah di gunakan ratusan perusahaan hingga saat ini.

Anda dapat mengunjungi mengunjungi situs NS. Development disini… !!!.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال