Macam–macam Analogi

Terdapat beberapa macam berpikir analogi. Analogi adalah sebuah sistem atau cara berpikir untuk mengambil kesimpulan. Secara umum, analogi ada 2 macam seperti yang dikemukakan Mundiri (2010) yang mengklasifikasikan analogi sebagai berikut:

Analogi Induktif

Analogi induktif yaitu analogi yang disusun berdasarkan persamaan prinsipal yang ada pada dua fenomena, kemudian ditarik kesimpulan bahwa apa yang ada pada fenomena pertama terjadi juga pada fenomena kedua. Contoh analogi induktif dalam matematika misalnya persegi panjang pada bidang datar mempunyai kesamaan dengan balok pada bangun ruang. Sisi–sisi persegi panjang memiliki kemiripan sifat dengan sisi – sisi pada balok, yaitu sisi yang berhadapan pada persegi panjang maupun balok adalah sama panjang.

Analogi Deklaratif

Analogi deklaratif atau analogi penjelas yaitu analogi yang digunakan untuk menjelaskan atau menegaskan sesuatu yang belum dikenal atau masih samar, dengan sesuatu hal lain yang sudah di kenal. Contoh analogi deklaratif dalam matematika misalnya pengenalan bilangan 24 yang masih abstrak kepada anak-anak. Angka 24 dijelaskan dengan mengambil manik-manik yang kemudian disusun berdasarkan nilai tempat. Setiap rusuk yang berisi 10 buah manik – manik bernilai 1 puluhan. Sisanya, yang kurang dari 10 buah bernilai satuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال