Aplikasi Psikotes Online Terbaik di Indonesia Saat Ini


Tes psikologi pada mulanya adalah paper based test atau pelaksanaan tes berbasis kertas. Tes ini bisa digunakan dalam berbagai bidang, seperti seleksi masuk kerja, penentuan jurusan, untuk mengetahui kepribadian maupun mengungkap minat dan bakat yang dimiliki individu. Tes dengan paper based test berlangsung cukup lama hingga sekitar tahun 1970-an pengukuran psikologi mulai dikomputerisasi.

Peningkatan penggunaan psikotes online seperti diungkapkan oleh Australian Psychological Society Test and Testing Expert Group (2018) dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti munculnya globalisasi dan meningkatnya kebutuhan akan kecepatan dan efisiensi dalam administrasi pengujian dan pengambilan keputusan; kemajuan teknologi; adanya peningkatan akurativitas hasil tes dan efisiensi biaya; keamanan data; dan jangkauan akses yang lebih luas.

Di Indonesia sendiri, hingga beberapa tahun kebelakang, pelaksanaan tes psikologi online di dunia industri masih jarang dilakukan. Ada beberapa kendala mendasar yang menghalangi pengimplementasiannya. Namun masuknya pandemi ke Indonesia pada awal tahun 2020 memaksa praktisi HR untuk terbuka terhadap pelaksanaan tes psikologi online. Larangan untuk berkerumun dan adanya basis kerja work from home semakin menguatkan potensi pengembangan psikotes online ini.

Jenis tes online inipun akan terus bertambah dan mendominasi pasar dengan bergabungnya teknologi dan penerimaan konektivitas sebagai bagian penting dalam kehidupan sebagian besar remaja dan orang dewasa. Pertumbuhan yang cepat dalam pertukaran informasi melalui teknologi akan mendorong pembelajaran, pengujian, penilaian maupun assessment kearah online. Penggunaan tes online juga memiliki potensi lebih besar terhadap rangsangan yang mungkin disediakan dibandingkan rangsangan yang bisa diberikan dengan bentuk tes tertulis. Begitu pula standarisasi tes yang dapat diterapkan dengan lebih baik dalam pelaksanaan psikotes online.

Aplikasi Psikotes Online Terbaik di Indonesia

Luasnya pasar dan keuntungan-keuntungan yang ditawarkan psikotes online menjadikan penyedia layanan psikotes online semakin banyak, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Namun dari banyaknya penyedia layanan tersebut, apakah kesemuanya dapat dipercaya, kredibel dan dapat dipertanggung jawabkan? Untuk mengurangi keraguan terhadap hal tersebut, kami telah merangkum 5 Aplikasi psikotes online terbaik yang ada di Indonesia.


NIRMALA SATYA DEVELOPMENT (www.nsd.co.id)

Nirmala Satya Development adalah jasa layanan psychological online test yang terintegrasi secara end to end dari pencatatan kebutuhan karyawan, job posting, psikotes online hingga hasil proses interview. Ns. Development juga menyediakan layanan untuk psikologi klinis dan psikologi pendidikan yang diampu oleh praktisi handal dan berpengalaman dibidangnya. Adapun keunggulan yang dimiliki Aplikasi psikotes online NS. Development adalah sebagai berikut:

Online Proctoring mencakup Webcam, device activity dan dapat mengakses alamat alamat IP peserta Tes, termasuk mendeteksi penggunaan device dan browser peserta test. NS. Development menawarkan fitur observasi jarak jauh yang mampu memonitor peserta tes secara langsung (dengan webcam) dan memantau aktivitas yang dilakukan peserta di desktop komputer atau smartphone yang ia gunakan selama mengikuti tes. Fitur ini akan melakukan pencatatan terhadap aktivitas keluar masuk peserta di software alat tes NS. Development dan mampu mendeteksi alamat IP perangkat yang digunakan oleh peserta.

Valid dan Reliabel. Semua alat tes yang tersedia di NS.Development telah sesuai dengan standarisasi HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia), begitu pula dengan norma-norma tes yang digunakan sehingga tes yang dilakukan dapat benar-benar mengukur potensi psikologis kandidat.

Jumlah alat tes dan kustomisasi. Saat ini tersedia lebih dari 15 alat tes psikologi terstandarisasi untuk mengukur intelegensi, minat dan bakat, kepribadian maupun test klinis baik dalam bentuk tes kemampuan maupun bentuk inventory. Selain itu, perusahaan juga dapat meminta pihak portal NS. Development untuk mengkustomisasi alat tes sesuai kebutuhan atau assessment yang akan dilakukan.

Bentuk dan Hasil laporan tes psikologis (Psikogram) dapat disesuaikan. Untuk memenuhi kebutuhan klien, NS Development menyediakan fleksibilitas desain laporan dan asesmen sesuai kebutuhan dan format laporan perusahaan (klien).

Realtime report. NS. Development menyediakan hasil psikotes secara realtime setelah peserta menyelesaikan rangkaian tes. Laporan hasil ini terdiri dari dua jenis, yaitu psikogram dan penjelasan deskriptif yang lebih mudah dipahami. Selain itu, laporan psikotes pada Aplikasi psikotes online ini juga dapat di download dalam bentuk file. 

Tes Massal. Penyelenggara psikotes mampu mengakomodir kandidat secara bersamaan tanpa batas jumlah peserta. Hal ini tentu saja memberikan efisiensi waktu pelaksanaan psikotes jika dibandingkan dengan tes konvensional.

Desain multi user. Dengan menggunakan desain ini maka psikotes dapat diikuti oleh peserta dengan jumlah yang tidak terbatas dalam waktu bersamaan.

Kontrol akses dan privasi data. NS. Development memungkinakan peserta tes hanya dapat mengakses tes-tes tertentu yang telah ditentukan, termasuk mengatur apakah hasil tes psikologi online ini dapat diakses oleh peserta tes atau hanya oleh pihak perusahaan saja. Selain itu, data pribadi peserta dan perusahaan akan terjamin kerahasiaannya.

Recruitment Sistem. Selain melaksanakan psikotes online, NS. Development merupakan sebuah system recruitment, mulai dari Posting Lowongan kerja di situs www.jobseeker.id (system terintegrasi) juga dapat memberikan informasi mengenai status kandidat dalam pelaksanaan recruitment, sehingga data recruitment tersimpan dengan rapi, aman dan lengkap.


TALENTIC

Talentics adalah platform assessment berbasis data yang membantu klien dalam menyaring, menilai dan merekrut kandidat dengan berbagai alat ukur psikologis berupa talentics online assessment yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lokal saat ini. Berikut ini berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi psikotes online talentic:

Konteks Lokal. Talentics mengusung alat tes yang telah dikembangkan dan disesuaikan oleh ahli psikometri yang berpengalaman sehingga mampu mengakomodir seluruh cakupan demografis dan kearifan lokal di Indonesia.

Valid dan Reliabel. Tes atau alat ukur yang valid dapat mengukur aspek-aspek psikologi kandidat secara konsisten, sementara reliabilitas yang baik dan tanpa intervensi manusia dapat menghasilkan keputusan rekrutmen tanpa bias.

Supervisi Kamera. Talentics menerapkan pengawasan jarak jauh dengan menggunakan supervisi kamera, baik kamera webcam maupun kamera handphone. Fitur ini dinilai mampu mencegah kecurangan yang mungkin dilakukan oleh peserta tes.

Tes Massal. Penyelenggara psikotes mampu mengakomodir hingga 1000 kandidat secara bersamaan. Hal ini tentu saja memberikan efisiensi waktu pelaksanaan psikotes jika dibandingkan dengan tes konvensional.


HRD Room

HRD Room adakah aplikasi psikotes online yang memberikan fleksibilitas, kemudahan dan kecepatan dibandingkan metode konvensional. Berikut ini Fitur-fitur unggulan yang ditawarkan Aplikasi HRD Room:

Realtime report. Sama seperti NS. Development, HRD Room juga menyediakan hasil psikotes secara realtime. Artinya, peserta tes dapat langsung memperoleh hasil tes setelah menyelesaikan rangkaian tes yang diberikan.

Alat tes Lengkap dan Kustomisasi Alat tes. HRD Room menyediakan berbagai alat tes yang telah disesuaikan dengan norma-norma yang berlaku. Perusahaan atau klien juga dapat meminta pihak HRD Room untuk melakukan kustomisasi alat tes sesuai kebutuhan.

Massive Real Time Online Psychotest. Aplikasi psikotes ini memungkinkan pelaksanaan psikotes dalam jumlah besar secara bersamaan.

Hidden Camera. HRD Room menerapkan sistem pengawasan online dengan melakukan capture (foto) peserta saat mengerjakan tes untuk mencegah terjadinya kecurangan selama  pelaksanaan test.

Recruitment Sistem. Selain melaksanakan psikotes online, HRD Room juga dapat memberikan informasi mengenai status kandidat dalam pelaksanaan recruitment.


Talenta Indonesia

Talenta Indonesia merupakan penyedia jasa recruitment, seleksi, promosi dan assessment dengan metode online. Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan aplikasi psikotes talenta Indonesia:

Alat Tes. Talenta Indonesia menggunakan alat tes yang telah terstandarisasi dan menggunakan normas HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia).

Algoritma untuk mengacak soal tes. Penggunaan algoritma pada Aplikasi psikotes talenta Indonesia menjadikan soal-soal yang dihadapi oleh peserta tes tidak ada yang sama. Hal ini memberikan keuntungan dan mengurangi kemungkinan adanya diskusi atau bertukar jawaban antar peserta selama tes berlangsung.

Bentuk dan Hasil laporan dapat disesuaikan. Untuk memenuhi kebutuhan klien, talenta Indonesia menyediakan fleksibilitas desain laporan dan asesmen sesuai kebutuhan.

Waktu Pelaksanaan. Asesmen Online dan Psikotes online di Talenta Indonesia dapat dilaksanakan setiap hari, termasuk weekend. Hal ini tentu saja memberikan kesempatan besar dan memungkinakan kandidat untuk melakukan tes di akhir pekan.


Ekrutes Indonesia

Ekrutes adalah talent management yang fokus pada tes psikologi online.  Tujuan dari ekrutes sendiri adalah untuk mempermudah link & match antara Industri dengan talent. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki Aplikasi psikotes Erutes.

Pengolahan data lebih cepat. Ekrutes menggunakan fitur pengelolaan data berbasis cloud computing yang membantu proses perhitungan skor dan mengelola data menjadi lebih cepat.

Random face capture. Ekrutes menerapkan fitur random face capture selama tes berlangsung. Fitur ini dapat mengambil gambar peserta tes hingga lebih dari 3 kali. Dengan fitur ini, Ekrutes dapat mengurangi kemungkinan pengerjaan tes dilakukan oleh orang yang tidak semestinya atau menggunakan joki.

Hasil Psikotes Realtime. Hasil psikotes di Ekrutes dapat diperoleh segera setelah peserta menyelesaikan rangkaian psikotes.

Efisiensi Rekrutmen. Pelaksanaan rekrutmen secara online dan paperless memungkinkan kandidat untuk melamar dan mengerjakan tes tanpa perlu hadir ke lokasi sehingga dinilai lebih efisien.

Penilaian lebih akurat. Ekrutes memiliki bank soal psikotes yang terjamin valid dan reliabel, yang memungkinkan kandidat mengetahui berbagai hasil tes dari berbagai  jenis penilaian dengan akurat. 

 

Penutup

Dari 5 aplikasi psikotes online terbaik yang telah dipaparkan diatas, dapat dipahami bahwa setiap aplikasi memiliki keunggulannya masing-masing.

Untuk memperoleh hasil psikotes yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan, maka pemilihan aplikasi psikotes perlu dilakukan dengan hati-hati. Hal penting yang perlu dijadikan catatan adalah terkait kevalidan alat tes yang digunakan, kemampuan dalam observasi atau pengawasan kandidat selama pelaksanaan tes dan mendeteksi kecurangan yang mungkin dilakukan, kemampuan untuk menyesuaikan alat tes sesuai dengan kebutuhan perusahaan, serta sistematika pelaporan yang dapat disesuaikan dan mudah untuk dipahami. Dari kelima aplikasi yang telah dipaparkan di atas, Nirmala Satya Development dapat menjadi pilihan terbaik yang memenuhi poin-poin penting yang dibutuhkan perusahaan saat ini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال