Home » » PERBEDAAN DSM-IV DENGAN DSM-5 : Tujuh Perubahan dan Perbedaan Besar

PERBEDAAN DSM-IV DENGAN DSM-5 : Tujuh Perubahan dan Perbedaan Besar

Perlu diketahui bahwa, DSM (Diagnostic Statistical Manual of Mental Disorder) yang merupakan panduan dan acuan Gangguan Mental di Amarika, sudah beberapa kami mengalami revisi. Panduan yang dibuat oleh APA (American Psychiatric Association) saat ini memasuki edisi kelima (DSM-5).
Berikut revisi-revisi DSM tersebut:
Berikut 7 (tujuh) perbedaan dan perubahan besar dari DSM-IV ke DSM-5 seperti dibawah ini:
MODIFIKASI PADA ARTIFICIAL CATEGORIZATION
DSM-IV menggunakan sistem "aksial" untuk mengelompokkan gangguan ke dalam lima kategori besar, atau kelompok:
  1. Semua kategori diagnostik psikologis kecuali retardasi mental dan gangguan kepribadian
  2. Gangguan kepribadian dan keterbelakangan mental
  3. Kondisi medis umum; kondisi medis akut dan gangguan fisik
  4. Faktor psikososial dan lingkungan berkontribusi terhadap gangguan
  5. Penilaian Fungsi Global atau Skala Penilaian Global Anak untuk anak-anak dan remaja di bawah usia 18 tahun
Dengan dirilisnya DSM-5, sistem Axial tidak ada lagi, kategorisasi ini telah disederhanakan untuk memperjelas hubungan antara gangguan yang berbeda. Kritik dari sistem sebelumnya termasuk bahwa itu membuat lebih sulit bagi penyedia untuk menarik hubungan antara isu-isu yang melintasi batas-batas artificial ini, dan bahwa itu memisahkan gangguan yang memiliki karakteristik yang sangat mirip. Sekarang keterkaitan ini lebih jelas.
SPECTRUM AUTISME
Dalam DSM-5, empat masalah yang diklasifikasikan secara terpisah — yang sayangnya sangat umum — telah disatukan di bawah judul gangguan spektrum autisme. Kategori autisme, Asperger, gangguan disintegratif anak-anak sebelumnya, dan gangguan perkembangan pervasive tidak lagi digunakan.
PENGHAPUSAN GANGGUAN BIPOLAR PADA ANAK
Menanggapi tren yang diamati dari diagnosis berlebih yang berbahaya dan perawatan berlebih pada gangguan bipolar pada anak, DSM-5 menghilangkan gangguan bipolar masa kanak-kanak dan menggantikannya dengan Disruptive Mood Dysregulation Disorder (DMDD). Sementara tidak semua anak yang sebelumnya didiagnosis dengan gangguan bipolar akan jatuh di bawah DMDD, itu memang memberikan diagnosis baru yang lebih akurat sesuai dengan serangkaian gejala yang ditandai oleh ledakan kemarahan yang ekstrem.
REVISI UNTUK DIAGNOSIS ADHD
DSM-5 baru memperluas diagnosis ADHD, memungkinkan onset orang dewasa dan mengendurkan ketatnya kriteria untuk lebih akurat mencerminkan penelitian baru pada gangguan ini. Mengingat bahwa orang dewasa memiliki otak yang lebih berkembang dan kontrol impuls yang umumnya lebih besar, orang dewasa sekarang dapat didiagnosis dengan ADHD jika mereka memiliki lebih sedikit tanda dan gejala daripada anak-anak.
MENINGKATKAN DETAIL PADA GEJALA PTSD
Sebagian karena perang di Irak dan Afghanistan, peneliti medis telah memperoleh lebih banyak wawasan tentang PTSD dalam 15 tahun terakhir. DSM-5 mencerminkan peningkatan pemahaman ini, menambah nuansa untuk anak-anak dengan PTSD, dan menjelaskan empat jenis gejala utama:
  1. Gairah (Arousal)
  2. Penghindaran (Avoidance)
  3. Kilas balik (Flashbacks)
  4. Dampak negatif pada pola pikir dan suasana hati
REKLASIFIKASI DEMENSIA (RECLASIFICATION OF DEMENTIA)
Dalam DSM-5, baik demensia dan kategori memori / kesulitan belajar yang disebut gangguan amnestik telah dimasukkan ke dalam kategori baru, Neurocognitive Disorder. DSM-5 membagi gangguan ini menjadi dua keparahan yang luas (utama dan ringan) untuk mendorong deteksi dini dan pengobatan masalah ini.
KECACATAN INTELEKTUAL (INTELLECTUAL DISABILITY)
Untuk mencerminkan bahasa yang umum, masalah yang sebelumnya disebut sebagai "keterbelakangan mental" sekarang diklasifikasikan sebagai "cacat intelektual." adalah evolusi berikutnya dari frasa dalam bahasa medis internasional. Kriteria diagnostik untuk gangguan ini juga telah diperbarui untuk lebih fokus pada fungsi adaptif, daripada skor IQ.

Ini hanyalah beberapa contoh perubahan di DSM-5. Bagaimanapun, revisi ini memakan waktu hampir 15 tahun dan lebih dari 400 profesional untuk menyelesaikan. Perubahan yang lebih banyak dan mendasar tentunya lebih banyak karena tuntutan zaman dan hasil-hasil penelitian terbaru. Perubahan yang lebih banyak dan mendasar tentunya lebih banyak karena tuntutan zaman dan hasil-hasil penelitian terbaru.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai