Home » » GANGGUAN PSIKOLOGIS PADA ICD-11

GANGGUAN PSIKOLOGIS PADA ICD-11

ICD-11 merupakan revisi terhadap ICD-10, yang dikeluarkan oleh WHO, tahun 2018, memunculkan tiga klasifikasi utama yang baru (sebelumnya merupakan hanya sub-bagian klasifikasi). Klasifikasi yang baru itu adalah Penyakit pada sistem kekebalan (Immune) tubuh, Gangguan tidur (Sleep-wake Disorder) dan Kondisi yang berkaitan dengan Kesehatan Seksual (Conditions related to sexual health).
Sehingga untuk pembahasan gangguan psikologis pada ICD-11 yang sebelumnya (ICD-10) hanya 1 (satu) klasifikasi gangguan psikologis yaitu Gangguan Mental dan Perilaku, kini terbagi menjadi 3 (tiga klasifikasi), yaitu sebagai berikut:
  1. Gangguan mental, perilaku atau perkembangan saraf (06)
  2. Gangguan tidur-bangun / Sleep-wake Disoreder (07)
  3. Kondisi yang berkaitan dengan kesehatan seksual (17)
Penambahan dua klasifikasi gangguan psikologis ini (Gangguan tidur & Kondisi yang berkaitan dengan kesehatan seksual) sebernarnya bukan baru, tetapi sudah ada pada bahasan ICD-10 pada Klasifikasi Gangguan Mental. Hanya saja kedua jenis gangguan itu dijadikan Klasifikasi yang berdiri sendiri pada ICD-11.
Kemungkinan ini karena Gangguan Tidur (Sleep-wake disorder) dan Kondisi yang berkaitan dengan Kesehatan Seksual menjadi gangguan yang sering atau prevalensinya saat ini mengkhawatirkan/peningkatan populasi pengidap gangguan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai