CARA PENGGUNAAN AROMA TERAPI

Cara Penggunaan Aromaterapi sangat beragam, tergantung dengan bahan dan kebutuhan pasien. Berikut beberapa cara penggunaan aroma terapi.
Inhalasi
Merupakan salah satu cara yang diperkenalkan dalam penggunaan metode aromaterapi yang paling sederhana dan cepat. Inhalasi juga merupakan metode yang paling tua. Aromaterapi masuk dari luar tubuh ke dalam tubuh dengan satu tahap yang mudah, yaitu lewat paru–paru di alirkan ke pembuluh darah melalui alveoli. Inhalasi sama dengan metode penciuman bau, di mana dapat dengan mudah merangsang olfactory pada setiap kali bernafas dan tidak akan mengganggu pernafasan normal apabila mencium bau yang berbeda dari minyak essensial. Aroma bau wangi yang tercium akan memberikan efek terhadap fisik dan psikologis konsumen.
Cara ini biasanya terbagi menjadi inhalasi langsung dan inhalasi tidak langsung. Inhalasi langsung diperlakukan secara invidual, sedangkan inhalasi tidak langsung dilakukan secara bersama-sama dalam satu ruangan.
Pijat
Pijat merupakan tehnik yang paling umum. Melalui pemijatan, daya penyembuhan yang terkandung dalam minyak essensial bisa menembus melalui kulit dan dibawa ke dalam tubuh, kemudian akan mempengaruhi jaringan internal dan organ – organ tubuh.
Minyak essesensial berbahaya jika dipergunakan langsung ke kulit, maka dalam penggunaanya harus dilarutkan dulu dengan minyak dasar seperti minyak zaitun, minyak kedelai, dan minyak tertentu lainnya. Minyak lavender, ialah salah satu minyak yang terkenal sebagai minyak pijat yang dapat memberikan relaksasi. Terapi aroma yang digunakan dengan cara pijat ini merupakan cara yang sangat digemari untuk mengjilangkan rasa lelah pada tubuh, memperbaiki sirkulasi darah dan merangsang tubuh umtuk mengeluarkan racun, serta meningkatkan kesehatan pikiran. Dalam penggunaannya dibutuhkan dua tetes minyak essensial yang ditambahkan dengan 1ml. minyak pijat.
Kompress
Penggunaan melalui proses kompress membutuhkan sedikit minyak aromaterapi. Kompress hangat dengan minyak aromaterapi dapat digunakan untuk emnurunkan nyeri punggung dan nyeri perut. Kompress dingin yang mengandung minyak lavender digunakan pada bagian perineum saat persalinan.
Berendam
Cara ini menggunakan aromaterapi dengan cara menambahkan tetesan minyak essensial ke dalam air hangat yang digunakan untuk berendam. Dengan cara ini efek minyak essensial akan membuat perasaan (secara psikologis dan fisik) menjadi lebih rileks, serta dapat menghilangkan nyeri dan pegal, memberikan efek kesehatan. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال