Tanda dan Gejala Kehamilan

Tanda dan Gejala Kehamilan pada setiap wanita berbeda-beda. Kehamilan adalah masa dimulainya konsepsi sampai lahirnya janin (Prawiroharjo, 2007).  Faktor psikologis yang mempengaruhi kehamilan terdiri dari (Maulana, 2008): stres,  dukungan keluarga, faktor lingkungan sosial, budaya dan ekonomi.
Tanda dan Gejala Kehamilan
Tanda presumtif
Menurut  Wiknjosastro  (2007, pp.125-126),  tanda-tanda kehamilan antara lain
Amenorrhoea
Gejala pertama kehamilan ialah haid tidak datang pada tanggal yang diharapkan. Bila seorang wanita memiliki siklus haid teratur dan mendadak berhenti, ada kemungkinan hamil. Tetapi meskipun demikian sebaiknya ditunggu selama 10 hari sebelum memeriksakan diri ke dokter. Karena sebelum masa itu sulit untuk memastikan adanya kehamilan. Haid yang terlambat pada wanita berusia 16-40 tahun, pada umumnya memang akibat adanya kehamilan. Tetapi kehamilan bukanlah satu-satunya penyebab keterlambatan haid. Haid dapat tertunda oleh tekanan emosi, beberapa penyakit tertentu, dan jugaakibat makan obat-obat tertentu. Selain kehamilan, penurunan berat badan dan tekanan emosi juga sering menjadi penyebab keterlambatan haid pada wanita yang semula mempunyai siklus normal.
Perubahan pada payudara
Banyak wanita merasakan payudara memadat  ketika menjelang haid. Bila terjadi kehamilan, gejala pemadatan bersifat menetap dan semakin bertambah. Payudara menjadi lebih padat, kencang dan lebih lembut, juga dapat disertai rasa berdenyut dan kesemutan pada putting susu.
Perubahan diatas disebabkan  oleh tekanan kelamin wanita, estrogen dan progesterone yang dihasilkan oleh uri (plasenta). Hormon-hormon ini menyebabkan saluran dan kantong kelenjar susu membesar, dan tertimbun lemak di daerah payudara. Rasa kesemutan dan berdenyut disebabkan oleh bertambahnya aliran darah yang mengaliri payudara.
Mual dan muntah (Emesis Gravidarum)
Kira-kira separuh dari wanita yang mengandung mengalami mual dan  muntah, dengan tingkat yang berbeda-beda, biasanya cukup ringan dan terjadi dipagi hari. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi juga disebabkan oleh peningkatan kadar hormon kelamin yang diproduksi selama hamil. Sesudah 12 minggu gejala-gejala itu biasanya menghilang, karena tubuh sudah menyesuaikan diri.
Sering kencing
Sering terjadi karena kandung kencing pada bulan-bulan pertama kehamilan tertekan oleh uterus yang mulai membesar. Pada triwulan kedua umumnya keluhan ini hilang oleh karena uterus yang membesar keluar dari rongga panggul. Pada akhir triwulan gejala bisa timbul karena janin mulai masuk ke ruang panggul dan menekan kembali rongga panggul.
Obstipasi
Terjadi karena tonus otot menurun yang disebabkan  oleh pengaruh hormon steroid.
Pigmentasi kulit
Terjadi pada kehamilan 12 minggu ke atas. Pada pipi, hidung, dan dahi kadang-kadang tampak deposit pigmen  yang berlebihan, dikenal sebagai cloasma gravidarum.  Areolamammae juga menjadi lebih hitam karena didapatkan deposit pigmen yang berlebih. Daerah leher menjadi lebih hitam.
Demikian pula linea alba di garis tengah abdomen menjadi lebih hitam (linea  grisea). Pigmentasi ini terjadi karena pengaruh hormon kortiko-steroid plasenta yang merangsang melanofor dan kulit.
Varises
Dijumpai pada triwulan terakhir. Didapat pada daerah genetalia ekstena, fossa poplitea, kaki dan betis. Pada multigravida kadang-kadang  varises ditemukan pada kehamilan yang terdahulu, timbul kembali pada triwulan pertama. Kadang-kadang timbulnya varises merupakan gejala pertama kehamilan muda.
Tanda-tanda kemungkinan hamil
  1. Perut membesar
  2. Uterus membesar,  terjadi perubahan dalam bentuk,  besar dan konsentrasi rahim
  3. Tanda hegar
  4. Tanda Chadwick
  5. Tanda Piscaseck
  6. Kontraksi kecil uterus bila dirangsang
  7. Teraba Ballotement Reaksi kehamilan positif

Tanda Pasti kehamilan (tanda positif)
  1. Gerakan janin yang dapat dilihat atau dirasakan atau diraba, juga bagian-bagian janin.
  2. Denyut jantung janin : (1)  Didengar dengan stetoskop , (2)  Monoral dicatat dan dengar dengan alat dopler , (3)  Dicatat dengan feto-elektro kardiogram , (4)  Dilihat pada ultrasonografi
  3. Terlihat tulang-tulang janin dalam foto-rontgen