Peran Kesehatan Masyarakat

Peran kesehatan masyarakat adalah hal yang urgen. Kesehatan adalah aset yang sangat berharga bagi manusia. Dalam sebuah masyarakat, menjaga kesehatan bersama adalah hal yang cukup diutamakan, sebagai agenda rutin yang harus selalu diadakan, terlepas dari dari aspek mana, mereka memulai dan mengembangkannya. Misal saja, kita telah sangat familiar dengan agenda-agenda di sebuah perkumpulan rukun tetangga (RT) atau rukun warga (RW) yang tiap bulannya disepakati untuk mengadakan gotong royong membersihkan lingkungan.
Selain itu, kita menemukan pula berbagai agenda yang dianggap menunjang kesehatan masyarakat, dalam hal ini, khususnya anak balita, dengan pengadaan program imunisasi. Di lain kesempatan, kita menemukan program-program pencegahan demam berdarah, penyuluhan-penyuluhan tentang bahaya pergaulan bebas, dan kemudian, masyarakat, diajak untuk selalu membina dan membiasakan hidup bersih di lingkungan masing masing.
Pada dasarnya, kesehatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam jalannya aktifitas dan hubungan sosial masyarakat. terganggunya lingkungan yang kemudian memunculkan dampak tidak baik bagi masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung akan berakibat buruk bagi aktifitas masyarakat sehari hari. Sebagai contoh, jika tidak ada penanganan yang serius terhadap kemana pembuangan sampah akan disalurkan, atau, tidak adanya sistem yang disepakati dalam pembuangan limbah rumah tangga di suatu kelurahan, misalnya, masyarakat, dengan fikiran dan keputusan masing-masing tentu akan membuang sampah di manapun yang kiranya bisa dibuang, selama itu buat sementara waktu tidak mengganggu kehidupan rumah tangga mereka. kemudian, sungai-sungai menjadi korban. Di tempat-tempat yang tak sepatutnya ada sampah, di sana tertimbun banyak sampah yang kemudian mengeluarkan bau tak sedap. Lalu, berbagai penyakit pun datang lalu ‘menghinggapi’ orang-orang di sekitarnya.
Jika keadaan itu tidak ditanggulangi secepatnya, maka dampak yang lebih buruk tentu akan terjadi. Masyarakat tidak mendapatkan rasa aman, dan kesehatan lingkungan serta masyarakat itu sendiri menjadi sesuatu yang dipertaruhkan, terlepas dari siapa yang patutnya bertanggung jawab dalam hal ini.
Kita bisa sepakat, kesehatan masyarakat, tanggung jawab yang utama adalah masyarakat itu sendiri. Pihak pemerintah adalah sebagai memberi sarana serta pemahaman akan pentingnya kebersihan. Dalam hal ini, pemerintah dan masyarakat perlu memiliki hubungan timbal balik yang baik. masyarakat perlu banyak memberi usulan akan solusi yang perlu dalam mencapai kondisi kesehatan yang diharapkan. Dengan itu, harta yang bernilai bernama kesehatan bisa dipertahankan terus tanpa ada kekhawatiran.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال