Kelompok Sosial Masyarakat

Kelompok sosial masyarakat merupakan kumpulan orang yang memiliki kaitan dan saling berinteraksi antara satu dengan yang lain, mempunyai harapan serta tujuan bersama, juga memiliki kesadaran pribadi sebagai anggota kelompok. Menurut pendapat Joseph S.Roucek & Roland S. Warren, kelompok sosial adalah suatu kelompok yang meliputi dua atau lebih manusia yang diantara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya/orang lain secara keseluruhan. Sedangkan menurut Goodman,kelompok sosial adalah dua orang atau lebih yang memiliki kesamaan identitas dan berinteraksi satu sama lain secara terstruktur untuk mencapai tujuan bersama.
Dari pernyataan Roucek dan Warren, kelompok sosial diartikan sebagai  sebuah perkumpulan yang memmiliki lebih dari satu orang, yang memiliki cara khas mereka dalam berinteraksi sesama anggota kelompok, yang mana itu sebagai pembeda antara anggota kelompok dengan yang bukan. Kemudian, dari pernyataan Goodman pulan, kelompok sosial diartikan sebagai sebuah kelompok yang memiliki jati diri yang sama dan berinteraksi dalam struktur yang mereka sepakati untuk mencapai tujuan bersama.
Sebuah kelompok sosial terbentuk atas dasar adanya naluri manusia yang merasa tidak bisa hidup sendiri. Ada dua hasrat pokok yang ada pada manusia, yang membuat mereka ingin hidup berkelompok. Hasrat tersebut adalah pertama, Hasrat untuk bersatu dengan manusia lain di sekitarnya. Kedua, hasrat untuk bersatu dengan situasi alam sekitarnya.
Ada beberapa syarat yang perlu seseorang ada dalam sebuah masyarakat yang akan membentu kelompok sosial. Syarat-syarat tersebut yaitu:
1.     Tiap anggota perlu menyadari ia adalah bagian dari kelompok.
2.     Ada faktor yang dimiliki bersama yang dengannya hubungan menjadi erat.
3.     Ada hubungan timbal balik antara anggota satu dengan yang lain.
4.     Memiliki struktur, kaidah dan pola perilaku
5.     Memiliki sistem dan proses
Ada beberapa ciri dasar dari kelompok sosial. Ciri-ciri tersebut yaitu:
1.     Terdiri dari minimal dua orang
2.     Adanya komunikasi dan interaksi
3.     Adanya ketertarikan dan kepentingan bersama
4.     Ada niat yang sama dari anggota untuk membentuk kelompok
5.     Ada kemampuan yang berbeda-beda dari angota kelompok
6.     Memiliki struktur yang tegas

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال