Tahapan Loyalitas Pelanggan

Ada beberapa tahapan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan aspek psikologis pelanggan yang dipengaruhi oleh beberapa factor, baik oleh minat maupun pengaruh lingkungan seperti mode dan trend.
Tahapan loyalitas pelanggan menurut Griffin (2002:35) adalah  sebagai berikut:
Suspects
Meliputi semua orang yang mungkin akan membeli barang/jasa perusahaan tetapi belum tahu apapun mengenai perusahaan dan barang/jasa yang ditawarkan.
Prospects
Adalah orang – orang yang memiliki kebutuhan akan produk/jasa tertentu dan mempunyai kemampuan untuk membelinya. Para prospect ini, meskipun mereka belum melakukan pembelian, mereka telah mengetahui keberadaan perusahaan dan barang/jasa yang ditawarkan, karena seseorang telah merekomendasikan barang/jasa tersebut padanya.
Disqualified Prospects
Yaitu prospects yang telah mengetahui keberadaan barang/jasa tertentu, tetapi tidak mempunyai kebutuhan akan barang/jasa tersebut atau tidak mempunyai kemampuan untuk membeli barang/jasa tersebut.
First Time Customers
Yaitu pelanggan yang membeli untuk pertama kjalinya. Mereka masih menjadi pelanggan yang baru.
Repeat Customers
Yaitu pelanggan yang telah melakukan pembelian suatu produk sebanyak dua kali atau lebih. Mereka adalah yang melakukan pembelian atas produk yang sama seganyak dua kali, atau membeli dua macam produk yang berbeda dalam dua kesempatan yang berbeda pula.
 Clients
Clients membeli semua barang/jasa yang ditawarkan dan mereka butuhkan. Mereka membeli secara teratur, hubungan dengan jenis pelanggan ini sudah kuat dan berlangsung lama, yang membuat mereka tidak terpengaruh oleh produk pesaing.
Advocates
Advocates membeli barang/jasa yang ditawarkan dan mereka butuhkan, serta melakukan pembelian secara teratur. Selain itu, mereka mendorong teman – teman mereka agar membeli barang/jasa perusahaan atau merekomendasikan perusahaan tersebut pada orang lain, dengan begitu secara tidak langsung mereka telah melakukan pemasaran untuk perusahaandan membawa konsumen untuk perusahaan. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال