Pengertian Tutor Sebaya

Bayu Mukti (2009) mengemukakan pengertian tutor sebaya sebagai suatu pembelajaran yang jadi murid dan yang jadi guru adalah teman sebaya juga, atau umurnya itu sebaya”. Pengajaran tutor sebaya yang pada dasarnya sama dengan program bimbingan yang bertujuan memberikan bantuan dari dan kepada siswa supaya dapat mencapai belajar secara optimal.
Edward L. Dejnozken dan Daven E. Kopel dalam American Education Engcyclopedia menyebutkan “tutor sebaya adalah sebuah prosedur siswa mengajar siswa lainnya. Tipe satu pengajar dan pembelajar dari usia yang sama. Tipe dua pengajar yang lebih tua usianya dari pembelajar. Tipe lain adalah pertukaran usia pengajar”.
Nurita Putranti (2007) mengemukakan “tutor sebaya adalah siswa di kelas tertentu yang memiliki kemampuan di atas rata-rata anggotanya yang memiliki tugas untuk membantu kesulitan anggota dalam memahami materi ajar”.
Berdasarkan berbagai pendapat di atas dapat di simpulkan bahwa pengertian tutor sebaya adalah pembelajaran dimana siswa yang lebih pandai dari temannya membantu dan mengajari teman lain yang belum bisa terhadap suatu materi.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال