Sejarah Kondom

Sejarah kondom dan penggunaannya sudah sangat lama. Kondom mempunyai sejarah yang unik di Inggris. Kondom dibuat pertama kali dari kulit, selanjutnya usus sehingga pembuatannya mahal dan saat memakainya memerlukan perhatian khusus. Karena dibuat dari kulit dan usus sering menimbulkan iritasi pada liang senggama. Tabel kondom menyebabkan kurang nikmat saat dipakai.
Selanjutnya kondom dibuat dari karet untuk pertama kali di Jepang dan dengan berbagai perkembangan sehingga mencapai bentuk seperti saat ini. Ujung kondom dibuat agak menonjol sebagai tempat untuk menampung sperma saat mencapai organsme, sehingga tidak tumpah. Untuk menjamin keberhasilan kondom diberikan pelicin yang mengandung spermisida sehingga sperma banyak mengalami kematian.
Bila diperhitungkan maka kondom lebih banyak keuntungannya dibandingkan dengan kerugiannya, apalagi dalam situasi penyakit hubungan seksual yang makin mengancam pada saat ini. Kondom tidak hanya mencegah kehamilan, tetapi juga mencegah penyakit hubungan seksual termasuk HIV/AIDS. Sehingga disebut berfungsi ganda. Cara kerjanya menghalangi terjadinya pertemuan sperma dan sel telur dengan cara mengemas sperma di ujung selubung karet yang dipasang pada penis sehingga sperma tersebut tidak tercurah ke dalam saluran reproduksi wanita.
Efektivitasnya cukup tinggi bila dipakai secara benar pada setiap kali berhubungan seksual. Pada beberapa pasangan, pemakaian kondom tidak efektif karena tidak dipakai secara konsisten (Saifuddin, 2003).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال