Anatomi Jantung

Secara anatomi, Jantung manusia adalah suatu organ tubuh sebesar kepalan tangan, yang berada pada rongga dada, dibelakang tulang dada bagian bawah dan melebar ke kiri sampai dekat pada putting susu laki-laki, pada batas paling kiri dan paling kanan bawah, terdapat apa yang dinamakan ujung jantung dimana dapat diraba denyut jantung selama masih bekerja. Jantung adalah sebuah organ berotot dengan empat ruang yang terletak di rongga dada dibawah perlindungan tulang iga, sedikit ke sebelah kiri sternum. Ukuran jantung lebih kurang sebesar genggaman tangan kanan dan beratnya kira-kira 250-300 gram.
Jaringan yang tersusun menjadi jantung, terutama terdiri dari jaringan  otot  yang  dinamakan  miokard  atau  otot  jantung,  yang mendindingi empat rongga jantung yakni serambi kanan atau atrium kanan dan kiri, serta bilik jantung atau ventrikel kanan dan kiri ke dalam menghadap rongga jantung. Miokard dilapisi oleh selaput lain lagi yang dinamakan epikard yang merupakan bagian dari perikor yang merupakan suatu kantung pembungkus jantung (Kartohoesodo).
Anatomi jantung manusia mempunyai empat ruang yaitu atrium kanan, atrium kiri, ventrikel kanan, dan ventrikel kiri. Atrium adalah ruangan sebelah atas jantung dan berdinding tipis, sedangkan ventrikel adalah ruangan sebelah bawah jantung. dan mempunyai dinding lebih tebal karena harus memompa darah ke seluruh tubuh.  Atrium kanan berfungsi sebagai penampung darah rendah oksigen dari seluruh tubuh. Atrium kiri berfungsi menerima darah yang kaya oksigen dari paru-paru dan mengalirkan darah tersebut ke paru-paru. Ventrikel kanan berfungsi menerima darah dari atrium kanan dan memompakannya ke paru-paru.ventrikel kiri berfungsi untuk memompakan darah yang kaya oksigen keseluruh tubuh.
Jantung juga terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan terluar yang merupakan selaput pembungkus disebut epikardium, lapisan tengah merupakan lapisan inti dari jantung terdiri dari otot-otot jantung disebut miokardium dan lapisan terluar yang terdiri jaringan endotel disebut endokardium.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال