Manfaat Kompres Air Hangat

Manfaat kompress air hangat sangat besar dalam menghilangkan rasa nyeri ataupun untuk menormalkan fisiologi tubuh. Kompres hangat bermanfaat untuk meningkatkan suhu kulit lokal, melancarkan sirkulasi darah dan menstimulasi pembuluh darah, mengurangi spasme otot dan meningkatkan ambang nyeri ,menghilangkan sensasi rasa nyeri ,merangsang peristaltic usus, pengeluaran getah radang serta memberikan ketenangan dan kenyamanan pada ibu inpartu (Simkin . 2005).
Panas dari kompres sebaiknya tidak mengganggu orang yang menggunakannya . Wanita dalam persalinan dapat mengalami perubahan persepsi terhadap suhu dan dapat tidak bereaksi terhadap panas yang berlebihan walaupun pans tersebut dapat menyebabkan terbakar. Bungkus sumber panas dengan satu atau dua lapis kain handuk selama diperlukan dan pastikan sumber tersebut tidak terlalu panas (Simkin . 2005).
Penggunaan kompres hangat untuk area yang tegang dan nyeri dianggap meredakan nyeri dengan mengurangi spasme otot yang disebabkan oleh iskemia , yang merangsang nyeri dan menyebabkan vasodilatasi dan peningkatan aliran darah ke area tersebut Kompres hangat terutama membantu ketika wanita bersalin sedang mengalami nyeri punggung yang disebabkan oleh posisi posterior oksiput janin atau tegangan umum pada otot punggung (Walsh, 2007).
Bagian tubuh yang sering didera keluhan nyeri saat bersalin adalah perut, pinggang Selain obat dan terapi, untuk pertolongan pertama bisa dilakukan kompres. Dari jenisnya, kompres dibagi menjadi dua, yakni hangat.Kompres hangat dapat dilakukan dengan menempelkan kantung karet yang diisi air hangat atau handuk yang telah direndam di dalam air hangat, ke bagian tubuh yang nyeri. Dampak fisiologis dari kompres hangat adalah pelunakan jaringan fibrosa, membuat otot tubuh lebih rileks, menurunkan atau menghilangkan rasa nyeri, dan memperlancar pasokan aliran darah (Aisyah, 2006).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال