Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan

Konsep diri memiliki hubungan dengan kicemasan. Hubungan konsep diri dengan kecemasan berbanding terbalik, artinya semakin besar konsep diri akan semakin kecil tingkat kecemasan. Konsep diri merupakan hasil eksplorasi diri seseorang berdasarkan pengalamannya. Konsep diri berkembang dari bayi hingga usia lanjut sehingga setiap orang mempunyai kesempatan untuk mengidentifikasi dan meniru perilaku dari orang lain yang diinginkannya (Suliswati, dkk, 2005).
Seseorang dengan konsep diri yang positif dapat mengeksplorasi dunianya secara terbuka dan jujur karena latar belakang penerimaannya sukses. Konsep diri yang positif berasal dari pengalaman positif yang mengarah pada kemampuan pemahaman.
Konsep diri berkaitan erat dengan cara pandang seorang mengenai siapa dirinya, bagaimana memberi identitas pada diri sendiri, menilai, dan melihat faktor-faktor lain di luar diri yang dapat dijadikan sebagai komponen konsep diri. Hurlock menjelaskan bahwa konsep diri berkaitan dengan komponen fisik, komponen psikologis, dan komponen mengenai harga diri berupa sikap terhadap statusnya (Hurlock, 1999). Masing-masing komponen konsep diri inilah yang akan berkontribusi dan menentukan apakah seseorang memiliki konsep diri yang positif mengenai dirinya ataukah konsep diri yang negatif mengenai dirinya orang-orang yang mempunyai konsep diri yang stabil dan berdiferensiasi dengan baik akan lebih baik dalam mengatasi stres dibandingkan dengan orang yang memiliki konsep diri yang labil.
Sedangkan seiring berjalannya waktu, seseorang akan mengalami masa dari muda hingga tua. Banyak penyesuaian yang harus dilakukan saat orang telah memasuki usia lanjut. Usia lanjut merupakan usia yang rentan terhadap terjadinya masalah, salah satunya adalah masalah penyakit dan menghadapi kematian. Ketidakmampuan usia lanjut untuk menerima keadaan diirnya dengan baik menunjukkan adanya konsep diri yang negatif. Konsep diri yang terganggu ini akan menimbulkan ketidakmampuan individu berfikir secara realitas sehingga akan menimbulkan kecemasan (Suliswati, dkk, 2003).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال