Prinsip dalam Motivasi Kerja Pegawai

Prinsip dalam memotivasi kerja pegawai harus di ambil oleh pimpinan dan manajemen. Prinsip itu harus bersipat adil, terbuka, jujur dan tepat guna. Terdapat beberapa prinsip dalam memotivasi kerja pegawai, diantaranya adalah seperti di bawah ini:
Prinsip partisipasi
Dalam upaya memotivasi kerja, pegawai perlu diberikan kesempatan ikut berpartisipasi dalam menentukan tujuan yang akan dicapai oleh pemimpin.
Prinsip komunikasi
Pemimpin mengkomunikasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha pencapaian tugas, dengan informasi yang jelas, pegawai akan mudah dimotivasi kerjanya.
Prinsip mengakui andil bawahan
Pemimpin mengakui andil bawahan (pegawai) mempunyai andil didalam usaha pencapaian tujuan. Dengan pengakuan tersebut, pegawai akan mudah dimotivasi kerjanya.
Prinsip pendelegasian wewenang
Pemimpin yang memberikan otoritas atau wewenang kepada pegawai bawahan untuk sewaktu – waktu dapat mengambil keputusan terhadap pekerjaan yang dilakukannya, akan membuat pegawai yang bersangkutan menjadi termotivasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan oleh pemimpin.
Prinsip memberi perhatian
Pemimpin memberikan perhatian terhadap apa yang diinginkan pegawai bawahan, akan memotivasi pegawai bekerja apa yang diharapkan oleh pemimpin.
Semua prinsip dalam motivasi pegawai diatas sangat penting artinya untuk memberikan dorongan dan kepercayaan pegawai kepada pimpinan dan manajemen. Dengan adanya kepercayaan dan loyalitas pegawai kepada pimpinan dan manajemen, diharapkan kinerja pegawai akan mengalami peningkatan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال