Pengertian Vegetarian

Pengertian vegetarian mempunyai dua arti, yakni sebagai kata benda dan kata sifat. Vegetarian sebagai kata benda berarti orang yang berpantang makan daging dan hanya makan sayur-mayur serta bahan makanan nabati lainnya. Vegetarian sebagai kata sifat berarti tidak mengandung daging atau kebiasaan berpantang daging (Bangun, 2003).
Pengertian asli dari 'vegetarian' adalah dengan atau tanpa telur atau produk olahannya. Definisi ini masih digunakan hingga sekarang oleh Vegetarian Society. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Balai Pustaka terbitan tahun 2005, vegetarian adalah orang yang karena alasan agama atau kesehatan hanya memakan sayur-sayuran dan hasil tumbuh-tumbuhan.
Istilah 'vegetarian' diciptakan pada tahun 1847. Pertama kali digunakan secara formal pada tanggal 30 September tahun itu oleh Joseph Brotherton dan lain-lain, di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris (Suprapto, 2009). Kata Vegetarian ini berasal dari bahasa Latin vegetus berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup. Penyebutan secara umum mereka yang tidak makan daging sebelum tahun 1847 sebagai 'Pythagorean' atau mengikuti 'Sistem Pythagorean'.
Pengertian vegetarian saat ini sudah mengalami perluasan makna. Tetapi ciri utamanya masih sama, yaitu pantang mengkonsumsi daging dan produk-produk yang berasal dari daging. Vegetarian adalah salah satu jeni diet yang sekarang semakin berkembang, apalagi ada fameo oleh masyarakat “back to nature”.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال