Home » » Pengaruh Emosi Terhadap Perubahan Fisik dan Perilaku

Pengaruh Emosi Terhadap Perubahan Fisik dan Perilaku

Emosi mempunyai pengaruh terhadap perubahan fisik dan perilaku. Emosi bisa dilihat dan diamati oleh orang lain melalui adanya perubahan perilaku maupun perubahan fisik pada diri kita. Perubahan perilaku yang dipengaruhi oleh emosi seperti malu, marah, sedih, menangis dan lain-lain. Sedangkan emosi yang langsung mempengaruhi perubahan fisik seperti, muka yang merah padam pada saat marah, tubuh yang tidak semangat pada saat mengalami kegagalan dan lain-lain. Ini menunjukkan bahwa, pengaruh emosi terhadap perubahan fisik dan perilaku sangat berkaitan erat.
Ada beberapa contoh pengaruh emosi terhadap perubahan fisik dan perilaku, diantaranya:
  1. Memperkuat semangat, apabila orang merasa senang atau puas atas hasil yang telah dicapai.
  2. Melemahkan semangat, apabila timbul rasa kecewa karena kegagalan dan sebagai puncak dari keadaan ini ialah timbulnya rasa putus asa (frustasi).
  3. Menghambat atau mengganggu konsentrsi belajar, apabila sedang mengalami ketegangan emosi dan bisa juga menimbulkan sikap gugup (nervous) dan gagap dalam berbicara.
  4. Terganggu penyesuaian sosial, apabila terjadi rasa cemburu dan iri hati.
  5. Suasana emosional yang diterima dan dialami individu semasa kecilnya akan mempengaruhi sikapnya dikemudian hari, baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap orang lain
Dibawah ini adalah tabel contoh pengaruh emosi terhadap perubahan fisik dan perilaku:
No
Jenis Emosi
Perubahan Fisik
1
Terpesona
Reaksi elektris pada kulit
2
Marah
Peredaran darah bertambah cepat
3
Terkejut
Denyut jantung bertambah cepat
4
Kecewa
Bernafas panjang
5
Sakit
Pupil mata bertambah besar
6
Takut / tegang
Air lur mengering
7
Takut
Berdiri bulu roma
8
Tegang
Otot-otot menegang dan bergetar

Tabel diatas adalah contoh adanya pengaruh kuat emosi terhadap perubahan fisik dan perilaku. Pengaruh emosi terhadap perubahan fisik dan perilaku tidak bisa dipisahkan, karena bentuk ekspresi emosi akan terlihat langsung pada perilaku dan perubahan fisik. Tanpa adanya perubahan fisik dan perilaku, ekspresi emosi seseorang tidak akan bisa di deteksi dan di interpretasikan oleh orang lain.
Share this article :

Posting Komentar