Model Perubahan Perilaku

Model perubahan tingkah laku di pengaruhi oleh tiga konsep utama, yaitu perubahan alamiah, perubahan terencana, dan kesediaan untuk berubah. Ketiga model perubahan perilaku ini, di pengaruhi oleh faktor individu (diri sendiri) dan faktor lingkungan.
Perubahan Alamiah (natural change)
Perilaku manusia selalu berubah. Sebagian dari perubahan itu disebabkan karena kejadian alamiah. Apabila dalam masyarakat sekitar terjadi suatu perubahan lingkungan fisik atau sosial budaya dan ekonomi, maka anggota masyarakat didalamnya juga akan mengalami perubahan.
Perubahan Terencana (planned change)
Perubahan perilaku ini terjadi karena memang direncanakan sendiri oleh subjek. Perubahan terencana ini kemungkinan juga karena dipengaruhi oleh faktor edukati, pengetahuan dan perubahan daya hidup.
Kesediaan Untuk Berubah (readiness to change)
Apabila terjadi suatu inovasi atau program-program pembangunan di dalam masyarakat, maka yang sering terjadi adalah sebagian orang sangat cepat untuk menerima inovasi atau perubahan tersebut dan sebagian orang lagi sangat lambat untuk menerima inovasi atau perubahan tersebut. Hal ini disebabkan setiap orang mempunyai kesediaan untuk berubah yang berbeda-beda (Notoatmodjo, 2003).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال