Definisi Suplemen

Definisi suplemen dalam pandangan orang awam adalah jenis obat-obat kesehatan, herbal dan lain-lain. Tetapi pada dasarnya Suplemen makanan adalah produk yang digunakan untuk melengkapi makanan yang mengandung satu atau lebih bahan makanan . Hal itu bisa berupa vitamin, mineral, atau bahan yang berasal dari tumbuhan, asam amino atau bahan untuk meningkatkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), atau konsentrat, ekstrak atau kombinasi dari beberapa bahan di atas ( Wuri, 2007). Jadi, ada perbedaan yang jauh antara obat dan suplemen makanan.
Suplemen makanan umumnya berasal dari bahan-bahan alami tanpa tambahan zat-zat kimia walaupun pada vitamin tertentu ada yang sintetis. Suplemen vitamin seperti asam folat dalam bentuk sintetis memang lebih mudah terserap dalam tubuh, walaupun vitamin E dari bahan alami jauh lebih baik penyerapannya daripada yang sintetis ( Wuri, 2008).
Suplemen makanan merupakan makanan yang mengandung zat-zat gizi dan non gizi, bisa dalam bentuk kapsul, kapsul lunak, tablet, bubuk, atau cairan yang fungsinya sebagai pelengkap kekurangan zat gizi yang dibutuhkan untuk menjaga agar vitalitas tubuh tetap prima. Sebagai pelengkap, suplemen makanan bukan diartikan sebagai pengganti (substitusi) makanan kita sehari-hari ( Ida, 2009).
Suplemen makanan digolongkan sebagai nutraceutical, sedangkan obat-obatan masuk golongan pharmaceutical. Berbeda dengan obat-obatan yang harus diuji efektivitasnya secara klinis mengikuti serangkaian prosedur, suplemen makanan itu khasiatnya tidak perlu dibuktikan melalui uji klinis. Sampai saat ini pun jenis nutraceutical boleh dijual secara bebas, tapi tidak boleh diklaim memiliki khasiat untuk mengobati penyakit, seperti halnya obat-obatan (Wuri, 2008).
Kata nutraceutical merupakan kombinasi dari kata nutrition dan pharmaceutical, yang berarti produk tersebut memiliki pengaruh yang menguntungkan bagi kesehatan manusia. Nutraceutical seringkali disebut sebagai functional foods atau makanan fungsional. Produk-produk makanan tersebut dapat meningkatkan kesehatan dan juga mencegah terjadinya penyakit.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال