Sistem saraf Simpatis

Neuron preganglion sistem saraf simpatis mulai dari vertebra torakal pertama sampai vertebra lumbal ke tiga, karenanya disebut juga sebagai divisi torakolumbar sistim saraf otonom. Serat preganglionik bermielin dan meninggalkan medula spinalis via akar atau radiks ventral (motorik) nervus spinalis. Serat saraf ini kemudian bersinaps dengan neuron postganglionik di dalam ganglia. Selanjutnya serat saraf postganglionik ini akan menuju ke organ sasaran.
Berdasarkan lokasinya neuron postganglion ini terbagi atas 3 yaitu :
  1. Ganglion paravertebra
  2. Ganglion prevertebra
  3. Ganglion terminal
Ganglion Paravertebralis
Letaknya antero-lateral medula spinalis, terbentang mulai dari vertebra servikal pertama sampai vertebra sakral terakhir, membentuk trunkus simpatis (trunkus=rantai). Terdapat hubungan antara trunkus kiri dengan kanan. Ganglion ini memberikan cabang postganglionar yang mengurus persarafan simpatis sistim sirkulasi darah dan kelenjar yang terdapat di seluruh tubuh.
Ganglion Prevertebra
Letaknya di daerah anterior kolumna vertebralis, membentuk pleksus abdominalis. Ada 3 buah ganglion prevertebral yaitu:
  • Ganglion Seliaka (Celiac)
  • Ganglion Mesenterika Superior
  • Ganglion Mesenterika Inferior.
Serat saraf preganglionar keluar dari medula spinalis via akar atau radix ventral dan selanjutnya menuju ganglion prevertebral melintasi trunkus simpatis yang dibentuk oleh ganglion paravertebralis.
Ganglion Terminalis
Letaknya paling perifer, dekat sekali dengan organ yang akan dipersarafinya.
Kedua serat saraf postganglionar dari ganglion prevertebral dan terminalis akan mensarafi otot polos yang terdapat diseluruh tubuh. Semua serat saraf postganglionik adalah serat saraf tak bermielin.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال