Psikologi Klinis

Psikologi klinis merupakan cabang dari ilmu psikologi. Klinis sebagai cara penanganan terhadap gangguan dan psikologi adalah ilmu jiwa atau ilmu tingkah laku. Sehingga dapat disimpulkan bahwa psikologi klinis adalah ilmu yang mempelajari proses mental dan penanganannya yang lebih kepada perilaku manusia itu sendiri dibandingkan dengan periku hewan.

Secara umum, pengertian dari psikologi klinis adalah sub area dari ilmu psikologi yang kegiatannya melakukan penelitian terhadap perilaku manusia dan penerapan hasil peneltian tersebut dengan melakukan assessment (pengkuran psikologis), sehingga psikologi klinis merupakan psikologi terapan yang dapat membantu manusia secara langsung.

Psikologi klinis berfokus pada riset-riset dan penelitian tentang perilaku dan proses mental. Selain itu psikologi klinis juga mengadakan pengukuran (assessment) terhadap kemampuan (ability) dan karaktersitik individual manusia. Seorang psikolog klinis dapat memberikan terapi pada manusia yang mengalami gangguan, melalui diagnosa klinis ataupun cara-cara lain yang dapat mendukung diagnosa sebuah gangguan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال