Faktor yang Mempengaruhi Pencapaian Status Lebih Tinggi dalam Kelompok

Kelompok adalah sebuah organisasi yang dinamis. Syarat sebuah kelompok menjadi hidup adalah adanya kegiatan kelompok yang terus menerus. Dalam Sebuah kelompok, akan terjadi persaingan antar anggota kelompok untuk mencapai status yang lebih tinggi. Dengan status yang lebih tinggi, seseorang dalam kelompok akan mendapatkan hak yang lebih istimewa dibandingkan dengan anggota kelompok lainnya.
Status adalah sebuah posisi seorang anggota kelompok di dalam hierarki kelompok berdasarkan prestasi, penghormatan, atau keistimewaan yang membedakan dirinya dengan anggota lain di dalam kelompok. Menurut Baron (2008), status adalah “the individual’s position or rank within a group”. Ada anggota kelompok yang lebih tinggi statusnya dibandingkan dengan anggota kelompok lainnya. Hal ini menandakan bahwa didalam kelompok terjadi perbandingan antar anggota kelompok (intra group social comparison). Anggota kelompoknya biasanya berpikir bahwa, seseorang yang memiliki status lebih tinggi dalam kelompok patut dihormati, dan mendapatkan status yang lebih tinggi.
Pemegang status lebih tinggi biasanya memiliki hak isitimewa atau hak lebih jika dibandingkan dengan anggota kelompok lainnya. Hal ini yang menyebabkan, terkadang anggota kelompok bersaing untuk mendapatkan status yang lebih tinggi. Ini akan menjawab fenomena sosial yang terjadi di Indonesia, mengapa orang-orang berlomba-lomba menjadi anggota DPR misalnya.
Tidak semua anggota kelompok dapat mencapai status yang lebih tinggi meski banyak yang menginginkannya. Dibawah ini ada fator-faktor yang berhubungan dengan diraihnya status tinggi seseorang di dalam kelompok menurut beberapa penelitian (Vaughan, 2005, dalam Sarlito, 2009):
  1. Ukuran tubuh. Laki-laki atau perempuan yang lebih tinggi cenderung dipilih menjadi pemimpin.
  2. Memiliki atribut-atribut yang lebih penting bagi kelompok, baik sifat maupun penampilan, atau atribut lain seperti jenis kelamin, etnisitas, dan pekerjaan.
  3. Usia. Anggota yang senior, lebih besar kemungkinannya memegang status yang lebih tinggi.
  4. Kemampuan individual dalam menangani tugas kelompok dan berinisitatif melakukan sesuatu yang menguntungkan kelompok.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال