Stress, Cobalah Berdamai dengan Waktu


Zaman sekarang, semua pekerjaan berisiko menimbulkan stress dan kita tidak bisa menghindar dari pekerjaan-pekerjaan yang bebas stress. Salah satu penyebab stress adalah tuntutan beban kerja yang harus memenuhi target waktu. Tak heran jika, pekerjaan yang mempunyai target lebih cepat membutuhkan perhatian dan tenaga yang lebih besar, lebih beresiko menimbulkan stress.
Dunia kerja modern, memiliki alur yang saling berantai dan ketergantungan. Pekerjaan kita sangat dibutuhkan untuk proses pekerjaan selanjutnya. Misalnya saja, laporan yang kita kerjakan sekarang, sangat dibutuhkan untuk analisa data untuk program selanjutnya, dan program selanjutnya dikejar target oleh program selanjutnya lagi, dan seterusnya. Bisa dibayangkan, jika salah satu titik dari alur tersebut mandek, titik yang lain akan terpengaruh pada alur pekerjaan tersebut. Siapa yang akan dirugikan? Semua orang yang ada dalam alur kerja tersebut, bahkan bisa berpengaruh secara global. Jadi jangan menganggap sepele, pekerjaan apapun yang ada dalam alur tersebut, dan pekerjaan apapun sekarang saling terkoneksi satu sama lain.
Karena konektivitas dan saling ketergantungan pekerjaan satu dengan yang lain, sehingga tuntutan pekerjaan membuat kita harus bekerja ekstra menstabilkan alur. Terkadang, kita harus bekerja lebih berat, dengan estimasi waktu yang singkat. Jelas ini akan membuat konflik dan stress secara pribadi. Belum lagi masalah keluarga, ekonomi, lingkungan dan lain-lain.
Untuk mengantisipasi stress pekerjaan karena harus mengejar target, mungkin kita harus mengingatkan diri kita, “harus berdamai dengan waktu”. Tidak ada pekerjaan yang tidak terselesaikan, hanya ada pekerjaan yang ter-pending. Sehingga kecekatan, dan kecepatan merupakan skill yang utama diperlukan, bukan mengeluh sehingga menimbulkan stress. Sabar dan menikmati pekerjaan adalah obat yang paling mujarab mengatasi stress ditempat kerja.

Ardi al-Maqassary

"Aku melihat, diujung sana, ada setitik cahaya yang terang benderang. Akan kuraih cahaya itu, dan membagikannya kepada seluruh manusia!!!"

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال