Tips Menghadapi Psikotes

Bagi anda yang anda yang akan menjalani psikites, ada baiknya memperhatikan beberapa saran dan tips dibawah ini. Tes psikologi bertujuan untuk mengukur kondisi seseorang dalam hal kejiwaan (psikologis) dan potensi serta kemampuan khusus. Pengukuran beberapa aspek tersebut merupakan usaha yang sangat penting dalam memprediksi kemampuan atau potensi yang dimiliki seseorang sesuai persyaratan yang ditentukan oleh lembaga atau perusahaan yang membutuhkan calon tenaga kerja tersebut.
A. Persiapan Sebelum Tes 
  1. Keyakinan memegang peranan penting dalam menghadapi sebuah rintangan (tes). Yakinkan diri anda bahwa posisi atau pekerjaan yang akan dimasuki benar-benar sesuai dengan kemampuan dan keinginan anda. 
  2. Persiapan diri dengan isterahat yang cukup. Sering kali, seseorang sebenarnya mempunyai kemampuan mengerjakan tes, namun karena ketegangan atau kondisi tubuh yang tidak prima, dapat membuat hasil tes menjadi jelek. Oleh karena itu, anda harus mempunyai isterahat yang cukup, kalau bisa beristirahat satu atau dua hari sebelumnya. 
  3. Perhatikan bahwa anda sudah tahu lokasi tempat tes. Disarankan beberapa hari sebelum tes, anda sudah mengetahui tempatnya, bahkan sudah melihat tempatnya. 
  4. Baca kembali surat lamaran dan CV anda atau mempelajari posisi yang akan dilamar karena ada beberapa tes yang menanyakan hal-hal yang terkait dengan itu. Jangan sampai jawaban berbeda dengan CV atau posisi yang dilamar. 
  5. Sebaiknya anda berlatih berbagai soal psikotes agar benar-benar siap menghadapi psikotes secara maksimal. 
  6. Sebelum berangkat ke tempat tes, berdo’alah terlebih dahulu sesua dengan keyakinan anda agar anda tenang menghadapi tes. 
  7. Usahakan untuk tiba sepuluh menit lebih awal dan jangan terlambat. Juga sebelum berangkat, jangan lupa untuk makan dan minum secukupnya agar kondisi anda tetap prima. 
  8. Walaupun tidak diminta, jangan lupa untuk membawa peralatan tulis menulis (pensil, penghapus atau pena) dan membawa jam (penunjuk waktu).
B. Persiapan Saat Menjelang Test 
  1. Umumnya pada setiap lembar jawaban atau soal psikotes, anda diminta mengisi isian nama, tanggal tes dan data lainnya. Begitu anda diperbolehkan untuk mulai mengisi, jangan menunda untuk mengisinya, isilah dengan lengkap dan rapi. 
  2. Dengarkan baik-baik setiap pengarahan dari pengawas tes dan ikuti semua arahan atau petunjuknya. Demikian jua petunjuk yang ada disetiap soal tes, jangan lupa untuk membaca petunjuk tersebut terlebih dahulu, barulah mengerjakan soal tes. Jangan langsung mengisi atau menjawab soal yang ada, tanpa membaca petunjuk pengisiannya. Jangan menjawab pertanyaan yang diberikan sebelum dipersilahkan oleh pengawas, karena ada beberapa tes yang dikerjakan dengan kecepatan waktu tertentu. 
  3. Jangan enggan untuk bertanya ke pengawas tes. Bila ada hal yang tidak dimengerti mengenai soal tersebut, langsung tanyakan ke pengawas tes yang ada. Dan jangan pernah bertanya ke peserta di kanan kiri anda, karena kemungkinan disini sudah ada penilaian. 
  4. Jangan melihat jawaban orang lain karena akan membuat hasil tes anda bertentangan dengan kondisi pribadi yang sesungguhnya. Isilah apa adanya. Untuk jenis-jenis soal tertentu jawablah yang mudah terlebih dahulu.
C. Cara Jitu Menghadapi Tes Potensi Akademik 
  1. Kerjakanlah soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Mungkin hal ini adalah trik lama, tetapi memang hal ini harus diperhatikan untuk menghemat waktu karena begitu banyak soal yang harus dikerjakan. Jadi, kita harus mengerjakan dari yang paling mudah, tetapi jangan membuang-buang waktu dengan mencari soal-soal yang mudah terlebih dahulu. 
  2. Karena soal-soal dalam Tes Potensi Akademik terdiri dari berbagai macam soal, seperti Tes Bahasa, Matematika, Tes Spasial, Tes Kinestetik dan lain-lain. Anda diharapkan menguasai dan mempelajarinya dari buku-buku mata pelajaran sekolah atau kuliah. Atau megnerjakan latihan soal-soal buku-buku tes Potensi Akademik yang banyak dijual dipasaran. Selain itu juga anda dapat memperoleh pengetahuan melalu berbagai media seperti Koran, televisi atau internet. 
  3. Untuk soal-soal bahasa (Inggris atau Indonesia), anda harus membaca buku-buku yang berkenaan dengan sastra dan tata bahasa. 
  4. Untuk latihan mengerjakan soal-soal Tes Potensi Akademik, anda dapat membeli di toko-toko buku yang ada. Dengan mengerjakan latihan soal, anda dapat mengetahui kisi-kisi atau bentuk-bentuk soal tes Potensi Akademik.
Yang perlu diingat pada suatu seleksi atau tes adalah, ada dua hal penting pengambilan keputusan lulus atau tidaknya seseorang; yaitu lebih unggul dan sesuai dengan pekerjaan atau posisi yang ditawarkan. Unggul artinya, melebihi dari peserta-peserta lain. Adakalanya, pengambilan keputusan unggul ini dengan cara di rating (rangking), sehingga berusahalah untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Sesuai dengan pekerjaan atau posisi yang ditawarkan, artinya, ada kelompok-kelompok tes tertentu yang diharapkan perserta lebih bagus dibagian itu. Misalnya untuk posisi sekretaris, tes kecepatan harus unggul daripada tes spasial misalnya.
Pengambilan keputusan lulus tidaknya seseorang, dua hal inilah yang menjadi pertimbangan utama. Sehingga anda diharapkan berbuat yang terbaik sesuai dengan bidang yang anda kuasai.
Selamat menjalani tes, semoga sukses menyertai anda….~~~

Ardi al-Maqassary

"Aku melihat, diujung sana, ada setitik cahaya yang terang benderang. Akan kuraih cahaya itu, dan membagikannya kepada seluruh manusia!!!"

1 Komentar

  1. kalo gua sih ngejalanin kedua tes tsb tanpa pernah belajar ato menjawab soal seperti itu. Jawabanku semua berdasarkan logika dan insting sendiri, alhamdulillah gua lulus.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال